News Update :
Home » , » 8 Manfaat Positif dan Menguntungkan Dari Ngeblog

8 Manfaat Positif dan Menguntungkan Dari Ngeblog

Penulis : Andi Aryatno on Jumat, 10 Agustus 2012 | 15.40

Apakah Anda pernah membaca sebuah blog dan berpikir ingin punya blog sendiri karena Anda tertarik dengan blog tersebut ? Sebenarnya  kita dapat memperoleh beragam manfaat dari sebuah blog, misalnya mereka yang memiliki bisnis yang memerlukan publikasi produk mereka ke khalayak.

Ada orang yang memiliki puluhan blog, ah bahkan ada yang ratusan! Semua itu dibuat pasti untuk tujuan tertentu. Memiliki blog tidak berarti Anda harus berbagi kepada dunia atau siapa saja. Ada orang yang memiliki beberapa blog, namun tidak semua dipublikasikan ke umum, tujuannya untuk menyimpan data pribadi, sehingga dapat diakses kapan saja diperlukan. Blog tersebut dapat Anda atur sedemikian rupa sehingga tidak terpublis ke umum, atau mungkin hanya berbagi dengan beberapa orang terpercaya atau hanya menyimpannya sebagai draft sehingga tidak terlihat oleh orang lain.

Seperti disinggung di atas, setiap orang punya tujuan sendiri memiliki blog apakah itu untuk tujuan monetisasi atau untuk hobi. Namun jika Anda seorang yang konsisten menulis di blog, Anda pasti memperoleh manfaat, baik yang disadari maupun tidak anda sadari. Berikut ini ada 8 hal yang dapat diperoleh dari aktivitas ngeblog. Barangkali Anda tidak mendapat semua sekaligus, tapi mungkin beberapa diantaranya.

1. Ngeblog dapat meningkatkan rasa percaya diri
Membuat blog itu mudah dan siapa saja bisa melakukannya dengan Wordpress, Blogger atau salah satu platform blogging gratis lainnya dan selesai dalam hitungan menit. Siapa pun yang berpikir tidak memiliki keterampilan teknis atau menulis akan segera percaya diri setelah mereka membuat blog dan melihat bagaimana mudahnya membuat postingan yang siap tayang di dunia maya.

2. Kegiatan yang menyenangkan
Ngeblog adalah aktivitas yang menyenangkan. Para blogger tidak malu-malu mengatakan bahwa mereka mencintai blognya. Ada yang mengatakan bahwa mereka benar-benar menikmati merencanakan, melakukan riset sebelum membangun, bahkan membesarkan blognya. Artinya mereka memiliki sejumlah strategi dalam membangun blog. Kita bisa saja melihat isi blog hanya sekedar tulisan, tetapi kebanyakan blogger yang menekuni aktivitas blogging terlebih dahulu melakukan riset yang seksama sebelum menulis sebuah postingan, disamping memiliki sejumlah pengetahuan teknis lainnya seperti kemampuan bahasa HTML, SEO, branding, dan sebagainya.

3. Menambah kreatifitas
Kita semua memiliki potensi kreatif, dan dalam blogging orang bisa saja menemukan lalu mengasah sisi kreatifnya. Blog menjadi salah salah satu tempat Anda untuk mengeksplorasi, mengembangkan dan bereksperimen dengan sisi kreatif Anda. Membangun sebuah blog bukan hanya wadah untuk menampung tulisan. Anda juga dapat menggunakannya untuk menampilkan berbagai kegiatan yang Anda atau orang lakukan, dengan mengunggahnya dalam informasi berupa video. Misalnya, apakah Anda pernah mengambil video anak Anda yang baru belajar berjalan? Atau bagaimana keceriaan mereka di salah satu tempat liburan? Ini pasti menyenangkan, dan dapat menarik sejumlah orangtua seperti Anda untuk berbagi pengalaman.

4. Menjalin Pertemanan
Seseorang yang membuat blog sebenarnya bukan untuk menciptakan pertemanan, karena ada social media yang lebih tepat menghubungkan orang-orang menjalin pertemanan. Tapi banyak orang yang berteman melalui blog, dan pertemanan itu terjalin begitu saja. Beberapa pengunjung blog secara alami berhubungan dengan konten blog Anda, mereka tertarik pada konten blog lalu beberapa diantaranya meminta pertemanan dengan Anda. Tetapi yang tidak kalah menariknya, banyak orang yang mengenal seseorang lewat blognya, meski mereka tidak meminta kontak atau menghubungi secara pribadi.

5. Salah satu cara mendapat pengakuan profesi
Jika Anda mencoba untuk membangun karir atau membuat sebuah blog, sebenarnya Andalah penggagas blog tersebut dan tentu saja mendapat posisi sebagai ahli. Ahli dalam arti, Anda dapat membawa kemana saja arah blog yang Anda tulis. Masa kini, blogger adalah sebuah profesi. Blogger seperti Darren Rowse, Yaro Starak, Leo Babauta adalah blogger profesional yang dapat mengandalkan penghasilan pribadi mereka dari ngeblog.

Jika Anda seorang profesional atau pebisnis, memiliki sebuah blog dapat meningkatkan pengakuan profesi Anda. Orang lebih senang mencari siapa ‘diri Anda’ lewat browsing daripada menanyakan Anda secara langsung.

6. Berpeluang menjadi sumber penghasilan atau menjadi profesi
Jika anda dapat menarik pengunjung dalam jumlah besar, maka Anda juga akan dapat menarik  penghasilan sekaligus. Ada beragam layanan yang membantu Anda menghasilkan uang dari blog. Caranya pasti Anda temukan lewat search engine.

7. Membuat pikiran tetap aktif
Meskipun membuat sebuah blog itu mudah dan melewati langkah-langkah sederhana, namun kebanyakan blogger memerlukan waktu agar blog mereka berada pada peringkat tertentu. Biasanya mereka menetapkan jadwal, menyusun rencana dan menetapkan target. Para blogger adalah orang-orang yang aktif  dan terus belajar karena Internet terus berkembang. Mereka tidak hanya mengembangkan kemampuan menulis, tetapi juga berbagai teknik agar blog mereka mudah ditemukan di  rimba internet.
Blogging merupakan keterampilan yang akan mengasah Anda menjadi penulis, pemasar, periset, pemerhati perkembangan teknologi internet, dan hal-hal lain sehingga membuat pikiran Anda tetap aktif.

8. Berbagi cerita
Kita semua memiliki cerita sendiri. Setidaknya ngeblog adalah salah satu cara yang  membagikan pengalaman dan gagasan kepada orang lain. Blog dapat menjadi diary permanen. Suatu saat anak-anak kita dapat melihat kembali apa yang kita tuliskan puluhan tahun sebelumnya, siapa tahu itu menjadi sesuatu bagi mereka.

Akhirnya, blogger telah menjadi profesi dan hobi yang mengubah hidup banyak orang. Tidakkah Anda tertarik untuk mengetahui apakah ngeblog juga dapat memberi manfaat bagi hidup Anda?

Sumber

Tahukah Kamu?
Jika kira berdiri di dasar sumur, kita bisa melihat bintang walaupun di siang hari

Share this article :
 
Design Template by Mas Kentir | Support by creating website | Powered by Blogger