News Update :

5 Fakta di Balik Album "Angka 8" Endank Soekamti

Penulis : Andi Aryatno on Selasa, 30 April 2013 | 17.38

Selasa, 30 April 2013

 1. Karantina
Untuk fokus menyelesaikan album 'Angka 8', Endank Soekamti mengurung diri mereka di studio musik bernama Fatbaztard di Semarang. Bukan hanya tiga personel Endank Soekamti yang terlibat, para kru pun ikut dikarantina.

Proses penciptaan lagu tersebut benar-benar digodok sampai selesai di studio tersebut. Karantina pun dilakukan selama bulan puasa. Total hampir satu bulan mereka dikarantina jauh dari keluarga dan teman-teman.

2. Distribusi
Kali ini Endank Soekamti mengeluarkan album dengan tiga paket sekaligus. Paket tersebut adalah paket boxset, paket novel dan unduh gratis. Lebih lanjut soal paket tersebut bisa dibaca di berita sebelumnya.

3. Label Baru Lagi
Yak, untuk kesekian kalinya Endank Soekamti keluar dari label yang menaungi mereka. Pertama kali merilis album, Endank Soekamti bernaung di label Proton pada 2003. Lalu 2005 di label Warner Music merilis dua album. Mulai 2010 mereka bernaung di Nagaswara Music dan merilis sebuah album.

"Setelah keliling di banyak label, kami belajar. Apa yang tidak bisa dilakukan label itu bisa direalisasikan di sini. Udah saatnya mandiri. Keluar bukan nggak puas atau royalti sedikit. Kami terhambat birokrasi dan kami siap untuk belajar mandiri," ujar sang vokalis Erix.

Kini Endank Soekamti mendirikan sebuah label bernama Euforia Records. Di label ini mereka berencana untuk merilis album musisi lainnya juga.

4. Proses Kreatif
Proses kreatif di album kelima Endank Soekamti ini bersifat interaktif dengan para Kamties juga kolektif.

Mereka membuat sayembara lirik dan kemudian terlahirlah lagu 'Moving On'.
Lagu tersebut secara total liriknya dibuat Kamties.

Lagu lain liriknya disebar secara interaktif lewat Twitter. Endank Soekamti memberikan tema, lalu para follower mereka membalas satu per satu.

"Prosesnya hampir kayak workshop. Banyak ide baru yang seru. Kita rasa yang paling cocok saja lalu kita masukin ke lirik kita. Konsep 'Angka 8' yang persahabatan juga kita dapat dari Twitter. Waktu itu kita bertanya apa yang melambangkan persahabatan kamu," tutur Erix.
 Endank Soekamti hidup dari penggemar dan ingin benar-benar mengabdikan perjalanan mereka untuk para penggemarnya. Karena itu album 'Angka 8' dikemas dalam paket boxset.

Sebenarnya album kelima band asal Yogyakarta tersebut dikemas dalam tiga pilihan. Yang pertama adalah boxset yang superkomplit, lalu kedua berisi novel biografi dan CD album serta yang terakhir adalah unduh album 'Angka 8' secara gratis. Yuk, kita bahas satu per satu.

Paket Boxset
Dalam sebuah kotak berukuran sebesar kertas HVS tersebut berisikan banyak hal. CD album 'Angka 8', DVD pembuatan album, kaus 'Angka 8', novel biografi, kalung army serta sertifikat kepemilikan boxset. Harganya Rp 250 ribu untuk satu buah boxset. Namun Anda dipastikan tak akan menyesal.

Bermula dari putusnya kontrak Endank Soekamti dengan label Nagaswara Records, mereka pun tak mau tinggal diam. Endank Soekamti membuat label bernama Euforia Records. Tentu saja untuk mendirikan label dibutuhkan biaya yang tak sedikit.

 Maka muncullah ide untuk membuat boxset, para penggemar yang memang menggilai Endank Soekamti akan membelinya. Sekaligus ikut menjadi penyumbang label tersebut. Oh iya, nantinya label itu juga akan dibuka untuk musisi lain, bukan hanya menaungi Endank Soekamti saja.

Yang terasa istimewa dari boxset ini adalah kalung army. Dalam kalung tersebut akan tertulis nama pemesan serta kode pesanan yang dicetak. Seorang Kamties (pecinta Endank Soekamti) sejati pastinya merasa sangat bangga mengenakan kalung tersebut. Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah DVD penggarapan album 'Angka 8'.

Meski sebelumnya mereka telah membuat webseries di YouTube, film dokumenter mereka terasa sangat hidup. Karena mereka jujur di video tersebut. Proses karantina untuk album tak hanya melibatkan personel saja, tapi juga kru dan teman-teman mereka.

"Kolaborasi sama Mamox dari Jogja Hip-hop Foundation juga tak sengaja. Mamox biasa ngumpul bareng kita. Tiba-tiba setelah 20 hari meninggalkan Jogja untuk rekaman di Fatbaztard Studio Semarang teman-teman datang.

Kangen mereka. Nah rombongan itu ngajak Mamox. Memang kita punya lagu dengan konsep rap, pas aku yang nge-rap kok jatuhnya kayak SM*SH, jadi ya ajak Mamox aja," kisah sang vokalis Erix.

Satu lagu kolaborasi lainnya adalah dengan Melanie Subono di lagu 'Mantan Jadi Teman'. Proses rekaman dilakukan masing-masing dan saling bertukar hasil lewat surat elektronik.

Paket Novel + CD
Paket kedua hanya berisikan novel biografi dan CD album 'Angka 8'. Hal positif dari novel tersebut, kita benar-benar tahu silsilah terbentuknya Endank Soekamti dengan lebih detail. Ditambah lagi, kita bahkan bisa mengetahui latar belakang para personelnya ketika masih belia.

Kisah mereka menarik untuk disimak dan perjuangannya pun ternyata tak gampang.
Jatuh bangun untuk mempertahankan Endank Soekamti yang sudah berkali-kali pindah label dan manajemen.

Sayangnya, novel tak disajikan dengan gaya penulisan yang menarik, malah cenderung monoton. Karena urutan peristiwa sama hanya mengubah subjek dan jalan peristiwa saja.

Beberapa judul bab pun terasa tak pas dengan cerita yang disuguhkan di bab terkait.
Padahal penulis punya banyak celah untuk mengemas kisah sejarah para personel Endank Soekamti dengan lebih manis.

Meski demikian tak rugi kok memiliki novel tersebut. Karena dengan membeli novel di toko buku seharga Rp 50 ribu, kamu juga sudah mendapatkan CD 'Angka 8' yang berisikan 16 lagu baru Endank Soekamti.

Paket Unduh Gratis
Paket ketiga ini sepertinya lebih menjangkau siapa saja. Sebanyak 16 lagu dari album 'Angka 8' bisa diunduh gratis lewat situs www.soekamti.com.

Nantinya setelah mengunduh, kamu hanya diwajibkan untuk nge-tweet secara otomatis.
Endank Soekamti pun punya trik pintar untuk paket tersebut. Unduh gratis bukan berarti mereka tak dapat untung.

Album unduh tersebut telah dibeli produk clothing lokal khas Yogyakarta Dagadu. Setiap tweet yang di-posting setelah unduh lagu Endank Soekamti, kamu akan me-mention Dagadu. Maka secara langsung itu akan menjadi promo bagi mereka.

"Bahkan orang Dagadu-nya minta di-stop saja karena udah kebanyakan banget. Kita udah habis tiga server untuk bisa menampung lonjakan yang mau dapat gratisan," jelas Erix.

Sumber : lihat.co.id
komentar (12) | | Read More...

Prediksi Skor Real Madrid vs Borussia Dortmund

Leg Kedua semi-final Liga Champions Real Madrid vs Borussia Dortmund 1 Mei 2013 SCTV (01:30 WIB) Disini Admin Sajikan Head To Head, 5 Pertandingan Terakhir dan Prediksi Skor Bola ke2 Tim. Simak Ulasan Pertandingan Dua Tim Ini.
Head To Head Real Madrid vs Borussia Dortmund :

  1. 25 Apr 2013 Borussia Dortmund 4 – Real Madrid 1
  2. 07 Nov 2012 Real Madrid 2 – Borussia Dortmund 2
  3. 25 Okt 2012 Borussia Dortmund 2 – Real Madrid 1
  4. 20 Agu 2009 Borussia Dortmund 0 – Real Madrid 5

Lima Laga Terakhir Pertandingan Real Madrid :

  1. 25 Apr 2013 Borussia Dortmund 4 – Real Madrid 1
  2. 20 Apr 2013 Real Madrid 3 – Real Betis 1
  3. 15 Apr 2013 Athletic Bilbao 0 – Real Madrid 3
  4. 10 Apr 2013 Galatasaray 3 – Real Madrid 2
  5. 06 Apr 2013 Real Madrid 5 – Levante UD 1

Lima Laga Terakhir Pertandingan Borussia Dortmund :

  1. 25 Apr 2013 Borussia Dortmund 4 – Real Madrid 1
  2. 20 Apr 2013 Borussia Dortmund 2 – FSV Mainz 0
  3. 13 Apr 2013 Greuther Fürth 1 – Borussia Dortmund 6
  4. 10 Apr 2013 Borussia Dortmund 3 – Málaga 2
  5. 06 Apr 2013 Borussia Dortmund 4 – FC Augsburg 2

Prediksinya Susunan Pemain Untuk Ke2 Tim Ini :
Real Madrid : Lopez, Arbeloa, Varane, Ramos, Coentrao; Alonso, Khedira, Di María, Modric, Ronaldo; Benzema.
Borussia Dortmund : Weidenfeller, Piszczek, Subotic, Santana, Schmelzer, Gündogan, Sahin, Blaszczykowski, Götze, Reus, Lewandowski.

Prediksi Skor dini hari nanti Read Madrid 2 : 0 Borussia Dortmund
komentar (6) | | Read More...

Misteri Dibalik Lagu “Sephia” Grup Band Sheila On 7

Inilah Misteri Dibalik Lagu “Sephia” Grup Band Sheila On 7 - Tentu kalian sudah tahu atau pernah mendengar lagu Sephia yg dinyanyikan oleh grup band Sheila on7 yg sempat booming pada tahun 1995-2000an dengan model video clip Rachel Maryam. Lagu ini diciptakan oleh gitarisnya yg bernama Eross dari pengalaman pribadinya yg terbilang cukup menyeramkan.
Ceritanya gini, pada suatu malam saat eross sedang memainkan gitar kesayangannya untuk menciptakan bait-bait lagu, tiba-tiba telepon rumahnya berdering. Setelah diangkat ternyata suara seorang wanita yang mengaku bernama sephia.

Tentu saja eross menjadi sangat bingung karena ia tidak mengenal gadis dengan nama sephia itu, lantas dia bertanya kepada sephia darimana dia tau nomor telepon rumahnya dan Sephia menelpon darimana.

Kemudian dijawab jika dia mengetahui nomor telepon rumah Eross dari seorang fans dan dia menelpon dari sebuah telepon umum yg ada didepan rumah eross. Karena merasa penasaran, eross pun lantas mengecek telepon umum yang ada didepan rumahnya, dan apa yg terjadi ? ternyata ditempat telepon umum itu tidak ada siapa-siapa.

Dan yg lebih membuat eross kaget, gagang telepon umum itu melayang-layang sendiri seperti sedang digunakan oleh seseorang yang sedang menelepon. Tentu saja eross langsung ketakutan dan buru2 menutup telpon dari sephia.

Esoknya, eross pun langsung mencari info tentang gadis yang bernama sephia itu. Beberapa lama kemudian, eross pun dapat menemukan info alamat rumah sephia dan eross pun segera mendatanginya.

Setelah sampai dirumah sephia, eross pun lantas dipersilakan masuk oleh orang tua sephia, kemudian eross pun menceritakan tentang hal yg dia alami tadi malam kepada ortu sephia, tentu saja ortu sephia langsung kaget dan sedih mendengar cerita eross.

Ortu sephia pun lantas menceritakan tentang anaknya itu. Sephia itu ternyata adalah fans berat sheila on 7 yg tewas kecelakaan saat akan menonton%20TV könser sheila on 7 beberapa bulan yang lalu. Dan bisa ditebak siapa yg menelepon eross tadi malam, yaitu arwah sephia. Kemudian eross diajak oleh ortu sephia ke kamar sephia, disana tertempel begitu banyak poster-poster grup sheila on 7 di dinding kamar sephia.

Orangtua sephia kemudian mengajak eross mengunjungi makam sephia. Disana, eross memanjatkan doa untuk ketenangan arwah fans berat grupnya itu.

Karena peristiwa itu pun eross lantas menciptakan lagu yg berjudul “Sephia” dengan maksud untuk memberikan penghormatan dan kenangan untuk arwah sephia di alam sana. Dan eross pun lantas menempeli huruf-huruf bertuliskan “I LOVE SEPHIA” dibelakang gitar kesayangannya dan selalu ditunjukkan kepada penonton%20TV disetiap akhir lagu Sephia pada tiap-tiap konser sheila on 7.

Sumber : menjerat.blogspot.com
komentar (10) | | Read More...

Sebuah Renungan, Masihkah Kita Mengeluh

Jika kamu merasa pekerjaan anda sangatlah berat, bagaimana dengan dia??





Bila Anda merasa gaji anda sangat sedikit, bagaimana dengan anak yg malang ini??

Jika Kamu merasa belajar adalah sebuah beban, contohlah semangat dia..


Jika kamu sempat merasa putus asa, ingatlah orang ini!


Pantaskah kita mengeluh tentang makanan disaat ia sedang membayangkan makan happy meal??


Jika Kamu merasa hidup Kamu sangat menderita, apakah Kamu juga merasakan penderitaan seperti orang ini??


Jika Kamu merasa hidup Kamu tidak adil, bagaimana dengan dia??


Di saat kita kecil dimanja dan di sayang, manjakah mereka??


Tidakah merasa bersalah kita masih selalu tidak mendengarkan bahkan melawan ibu kita?

Bukan komentar penyesalan yang admin minta buat menuh2in kotak komentar, tapi berjanjilah para diri sendiri, lalu lakukan. Talk less do More! terima kasih udah lihat postingan ini.. sebarkan lewat share box dibawah jika dirasa ini penting untuk orang2 yang kalian sayangi


Sumber : tribium.blogspot.com
komentar (4) | | Read More...

3 Penyakit Akibat Membawa Ponsel ke Tempat Tidur

Ponsel alias telepon seluler sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari gaya hidup moderen, sampai-sampai saat tidur pun benda ini selalu dibawa. Kelihatannya sepele, tetapi membawa ponsel saat tidur punya dampak bagi kesehatan.
 Masalah utama yang akan muncul ketika seseorang tidur dengan membawa ponsel dalam kondisi menyala adalah terganggunya kualitas tidur. Berawal dari tidur yang tidak nyenyak itulah, berbagai penyakit dan gangguan kesehatan bisa muncul belakangan.

Beberapa gangguan kesehatan yang bisa dialami akibat suka membawa ponsel ke tempat tidur antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Livescience dan MSNBC.

1. Kurang tidur
Sebuah penelitian di Stony Brook University mengungkap, 70 persen remaja di Amerika Serikat tidur dengan tetap mengaktifkan ponsel dan meletakkannya di dekat tempat tidur. Akibatnya kualitas tidur berkurang karena sering terbangun tengah malam hanya untuk membaca SMS yang masuk.

Membawa Ponsel Ke Tempat Tidur Bisa Sebabkan 3 Penyakit Berikut. Dampak dari kualitas tidur yang buruk ini sangat luas, termasuk menurunnya prestasi akademis dan juga kesehatan secara keseluruhan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk membuat orang rentan obesitas, diabetes serta gangguan jantung.

2. Sleep texting
Pakar kesehatan tidur di Amerika Serikat, Dr Marcus Schmidt mengatakan 4 dari 5 remaja selalu membawa ponsel saat tidur dan hanya 1 dari 10 remaja yang benar-benar mematikan ponselnya saat tidur. Karena tidurnya jadi tidak nyenyak, maka para remaja ini rentan mengalami sleep texting atau berkirim SMS saat tidur.

Sleep texting berada dalam satu kategori gangguan tidur lainnya seperti berjalan saat tidur (sleep walking), mengigau (sleep talking) ataupun berhubungan seks saat tidur (seksomnia). Gangguan ini juga sekaligus merupakan salah satu gejala kecanduan teknologi.

3. Gangguan mental
Berkurangnya kualitas tidur gara-gara tidak mematikan ponsel saat tidur juga berpengaruh pada kesehatan kejiwaan. Sebuah penelitian di Jepang mengungap, remaja yang tidur dengan membawa ponsel lebih rentan terhadap kecenderungan bunuh diri.

Tidak diketahui pasti hubungannya, namun kurang tidur memang bisa memicu depresi yang meruapakan salah satu pencetus kecenderungan bunuh diri. Terlebih karena penelitiannya dilakukan di Jepang, faktor budaya juga berpengaruh karena angka bunuh diri di negara ini memang sangat tinggi.

Sumber : medis.web.id
komentar (9) | | Read More...

7 Negara Bekas Jajahan Indonesia

Siapa bilang Indonesia adalah negara budak yang hanya bisa dijajah dan tak bisa menggempur negara lain. Ternyata Indonesia pernah melakukan invasi ke sejumlah negara. Ini beneran invasi perang dengan tentara lho gan, bukan penyerbuan TKI ke negeri asing . Ya udah langsung aja deh, ini nih 7 Negara Yang Pernah Diinvasi Indonesia.

1. Timor Leste
Operasi Seroja adalah sandi untuk invasi Indonesia ke Timor Timur yang dimulai pada tanggal 7 Desember 1975. Pihak Indonesia menyerbu Timor Timur karena adanya desakan Amerika Serikat dan Australia yang menginginkan agar Fretilin yang berpaham komunisme tidak berkuasa di Timor Timur. Selain itu, serbuan Indonesia ke Timor Timur juga karena adanya kehendak dari sebagian rakyat Timor Timur yang ingin bersatu dengan Indonesia atas alasan etnik dan sejarah.

2. Papua Barat
Operasi Trikora, juga disebut Pembebasan Irian Barat, adalah konflik 2 tahun yang dilancarkan Indonesia untuk menggabungkan wilayah Papua bagian barat. Pada tanggal 19 Desember 1961, Soekarno (Presiden Indonesia) mengumumkan pelaksanaan Trikora di Alun-alun Utara Yogyakarta. Soekarno juga membentuk Komando Mandala. Mayor Jenderal Soeharto diangkat sebagai panglima. Tugas komando ini adalah merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer untuk menggabungkan Papua bagian barat dengan Indonesia.

3. Malaysia
Pada 20 Januari 1963, Menteri Luar Negeri Indonesia Soebandrio mengumumkan bahwa Indonesia mengambil sikap bermusuhan terhadap Malaysia. Pada 12 April, sukarelawan Indonesia (sepertinya pasukan militer tidak resmi) mulai memasuki Sarawak dan Sabah untuk menyebar propaganda dan melaksanakan penyerangan dan sabotase. Tanggal 3 Mei 1963 di sebuah rapat raksasa yang digelar di Jakarta, Presiden Sukarno mengumumkan perintah Dwi Komando Rakyat (Dwikora) yang isinya: Pertinggi ketahanan revolusi Indonesia, Bantu perjuangan revolusioner rakyat Malaya, Singapura, Sarawak dan Sabah, untuk menghancurkan Malaysia

4. Malaka
Sejak tahun 1509, Pati Unus, raja Demak, sudah merancang rencana untuk menguasai Malaka. Saat itu Malaka berada di bawah kekuasaan Kesultanan Malaka. Dengan kata lain, perlu dicatat bahwa serangan Demak ke Malaka jelas bukanlah sebuah serangan anti-kekuasaan asing, tetapi sebuah invasi imperialis. Tahun 1511, Alfonso D’Alburquerque, Laksamana armada Portugis, mendahului Pati Unus dengan menaklukkan Malaka. Sultan Malaka Mahmud Syah melarikan diri ke Bintan.

5. Singapura
 Usman lahir di Purbalingga, Banyumas, Jawa Tengah (1943). Harun lahir di P Bawean, Surabaya (1947). Kedua-duanya nama samaran untuk tugas sebagai sukarelawan menyusup ke Singapura, melakukan tugas sabotase dalam rangka Dwikora (Dwi Komando Rakyat). Pada waktu itu RI terlibat konfrontasi dengan Malaysia dan Singapura. Usman dan Harun tergabung dalam tim sabotir. Pada 8 Maret 1965 malam, berbekal 12,5 kg bahan peledak mereka bertolak dengan perahu karet dari P Sambu. Mereka dapat menentukan sendiri sasaran yang dikehendaki.

Maka setelah melakukan serangkaian pengintaian, pada suatu tengah malam terjadi ledakan di sebuah bangunan Mc Donald di Orchard Road. Tiga orang tewas dan sejumlah lainnya luka.

 6. Indochina (Kamboja dan Vietnam) & 7. Siam (Thailand)
Dari catatan sejarah dan bukti arkeologi, pada abad ke-9 Sriwijaya telah melakukan invasi dan kolonisasi di hampir seluruh kerajaan-kerajaan Asia Tenggara, antara lain: Sumatera, Jawa, Semenanjung Malaya, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Filipina. Dominasi atas Selat Malaka dan Selat Sunda, menjadikan Sriwijaya sebagai pengendali rute perdagangan rempah dan perdagangan lokal yang mengenakan biaya atas setiap kapal yang lewat. Sriwijaya mengakumulasi kekayaannya sebagai pelabuhan dan gudang perdagangan yang melayani pasar Tiongkok, dan India.

Sumber : tribium.blogspot.com

komentar (11) | | Read More...

4 Kisah Sedih Inovator Teknologi

Kemajuan teknologi digital sering menghasilkan cerita sukses bagi pengembangnya. Hidup bergelimang uang, punya perusahaan raksasa, dan lainnya.

Bagaimanapun, tidak semua penemu menikmati kejayaan dari hasil kerja keras mereka. Beberapa mengalami kisah pedih, bahkan hingga akhir hidupnya. Empat contoh di bawah ini bisa menjadi bukti

1. Alan Turing
Turing, bernama lengkap Alan Mathison Turing, adalah ahli kripto analisis dan ilmuwan di bidang komputer asal Inggris yang memiliki peran besar dalam pengembangan komputer dunia. Masa jaya Turing adalah saat Perang Dunia II, ketika itu ia bahkan sempat mengepalai unit yang bertugas khusus menganalisa dan memecahkan kode sandi Jerman.

Prestasi: Nama Turing menjadi legenda lewat konsep bernama Turing Machine. Konsep algoritma dan komputansi ini bahkan, menurut majalah Time, merupakan landasan dari seluruh komputer yang ada di dunia. Turing pun menjadi abadi lewat Turing Test, sebuah uji untuk membuktikan apakah sebuah sistem komputer mampu 'berpikir' dengan membandingkan jawaban komputer dengan jawaban manusia pada serangkaian pertanyaan.

Tragedi: Turing memiliki orientasi seksual menyukai sesama jenis. Pada masa hidupnya, homoseksualitas merupakan hal terlarang di Inggris. Akibatnya, untuk menghindari penjara, Turing menjalani terapi dengan hormon dan bahan kimia. Pada 1954 Turing ditemukan meninggal keracunan sianida, konon ia melakukan bunuh diri.

2. Charles Babbage
Charles Babbage adalah bangsawan Inggris yang hidup di abad 19. Ia merupakan ahli di bidang matematika, insinyur mekanik dan filosofi. Babbage juga dikenal sebagai seorang penemu.

Prestasi: Babbage boleh dibilang sebagai orang pertama yang menelurkan konsep komputer yang bisa diprogram. Bukan hanya konsep, Babbage pun mencoba membuat mesin-mesin yang bisa membuktikan konsep yang diutarakannya. Menakjubkannya, mesin yang dibuat dengan batasan kemampuan teknis pada abad 19 itu seharusnya bisa menjadi cikal-bakal komputer.

Tragedi: Sayangnya, Babbage tak pernah bisa menyelesaikan mesinnya tersebut. Konon, ambisi Babbage soal mesin tersebut melampaui kemampuannya sendiri. Belum lagi pribadi Babbage yang dikisahkan cenderung naik-turun membuatnya selalu beralih dari satu proyek ke proyek lainnya.

3. Dani Bunten
Dani Bunten (Danielle Bunten Berry / Daniel Paul Bunten) adalah desainer game yang berjaya pada tahun 1980-an. Namanya sering dikaitkan dengan legenda game Sid Meier karena konon Dani punya kesempatan menggarap game Civilization yang melambungkan nama Meier.

Prestasi: Dani Bunten meraih sukses lewat game bertajuk M.U.L.E pada kisaran 1980-an. Game ini merupakan salah satu game multiplayer awal yang sukses dan banyak dijadikan rujukan game-game berikutnya. Game Bunten lainnya yang cukup ternama adalah The Seven Cities of Gold.

Tragedi: Setelah tiga kali gagal dalam pernikahannya sebagai pria, Bunten akhirnya memilih untuk hidup sebagai seorang wanita. Bahkan ia melakukan operasi kelamin, yang di kemudian hari ia sesali. Bunten meninggal pada 1998 setelah didiagnosa mengidap kanker paru-paru, ia belum sempat menyelesaikan game M.U.L.E versi internet.

4. Joybubbles
 Joybubbles, lahir dengan nama Joe Engressia, adalah seorang pelopor dalam dunia hacking. Ia terlahir sebagai seorang tuna netra dan memiliki kemampuan mendengarkan dan menyuarakan nada dengan sempurna.

Prestasi: Joybubbles merupakan pelopor phreaking, alias membobol jaringan telepon untuk membuat panggilan telepon tanpa membayar. Ketika itu ia mampu melakukannya dengan menyiulkan sebuah nada khusus di gagang telepon. Kemampuan Joe kemudian diikuti oleh Captain Crunch (Jon Draper) dengan menggunakan peluit hadiah sebuah produk sereal.

Tragedi: Legenda Joybubbles dibarengi kisahnya yang muram dengan masa kanak-kanak yang tidak bahagia dan diwanai penyiksaan. Joe mengatasi trauma ini dengan membuat Church of Eternal Childhood, mengubah namanya secara legal menjadi Joybubbles dan mendeklarasikan usianya sebagai 5 tahun untuk selamanya. Masa-masa terakhir hidupnya dihabiskan di apartemen kecil tanpa lampu yang dipenuhi perangkat telepon, boneka binatang, rekaman lawas dan mainan plastik.

Sumber : terselubung.blogspot.com
komentar (4) | | Read More...

6 Tumbuhan Tertua di Dunia

Berapa lamakah usia tumbuhan yang bisa dicapai? Ratusan, ribuan, atau bahkan lebih dari itu? Bila melihat daftar 6 tumbuhan di bawah ini, bisa jadi kita terperangah betapa lamanya mereka bisa bertumbuh dan tetap hidup.

1. Posidonia oceanica
Rumput laut raksasa di Laut Mediterania menduduki peringkat pertama karena berumur 200.000 tahun. Dia berhasil menyalip tanaman Tansania yang selama ini diyakini sebagai yang tertua.

2. Lomatia tasmanica atau Raja Lomatia
Tanaman Tasmania ini diyakini sudah berumur 43.600 tahun. Tanaman ini memiliki daun yang mengkilap dan bunga berwarna merah jambu. Meski punya bunga, tapi tanaman ini tidak menghasilkan buah dan biji. Sejauh ini, hanya satu koloni spesies ini yang diketahui hidup di dunia liar.

3. Gaylussacia brachycera atau box huckleberry
Tanaman semak rendah asal Amerika Utara ini satu keluarga dengan blueberry dan tanaman huckleberry lainnya. Usia koloni tanaman ini bisa mencapai umur 13.000 tahun

4. Larrea tridentata atau creosote bush
Tanaman ini banyak dijumpai di gurun di Amerika seperti Mojave, Sonoran, dan Chihuahuan. Umur tanaman ini bisa mencapai 11.000 tahun. Tanaman ini banyak dipakai untuk keperluan obat herbal.

5. Populus tremuloides atau quaking aspen
Pohon ini bisa tumbuh sampai ketinggian 25 meter. Tanaman ini berasal dari daerah dingin di Amerika Utara. Dia bisa berumur sampai 10.000 tahun.

6. Picea mariana atau black spruce
Tanaman sejenis cemara yang berasal dari bagian utara Amerika Utara. Tanaman ini bisa mencapai usia 1.800 tahun.

Sumber : terselubung.blogspot.com
komentar (1) | | Read More...

6 Peninggalan Purba yang Diduga berkaitan Dengan Alien

Penulis : Andi Aryatno on Sabtu, 27 April 2013 | 12.48

Sabtu, 27 April 2013

Peninggalan bersejarah yang masih menjadi misteri hingga saat ini seringkali dikatikan dengan kehadiran alien ataupun berhubungan dengan aktivitas alien . Apa saja itu ? Cekidot !

1. Anticythère Mechanics
Tahun 1900 ditemukan sebuah logam yang membatu yang berusia sekitar 2000 tahun disebuah kapal karam di pulau Antikythera Yunani, 50 tahun kemudian benda tersebut dilihat dengan sinar X dan menemukan bahwa benda tersebut merupakan sebuah alat mekanik seperti mekanik pada jam tangan, penemuan ini membuat para ahli arkeologi kebingunan, karena pada saat itu bangsa yunani tidak akan mungkin membuat benda mekanik serumit itu.

2. Piramid Teotihuacan
Menurut legenda, pyramid Teotihuacan dibangun oleh dewa dengan ukuran raksasa diakhir masa kehancuran Bumi, peradaban seperti Aztec, Maya, India kuno, Arizona Utara percaya bahwa dunia ini sudah dihancurkan sebanyak 4 kali dimasa lalu, satu oleh Es, satu oleh api, satu oleh air, dan satu oleh gempa, dan pyramid Teotihuacan merupakan salah satu dari masa-masa itu.

3. Nazca airport
Para ahli telah menyimpulkan bahwa Garis-garis Nazca dibuat untuk sesuatu diatas sana, karena tak mungkin melihat simbol-simbol tersebut dari bumi. Namun yang paling baru adalah, spekulasi bahwa garis-garis Nasca adalah sebuah landasan semacam pesawat terbang, karena mempunyai panjang bermil-mil dan percaya atau tidak sangat lurus. Bahkan disebuah bukit terdapat garis menyerupai jalan yang nampaknya susah untuk dibuat dengan peralatan seadanya, karena mampu membuat jalan itu berada diatas bukit dengan permukaan yang sangat rata. Sangat berbeda bila dibandingkan dengan bukit-bukit yang ada disekitarnya (mempunyai puncak kerucut).

4. Naskah Kuno Tentang Piring Terbang Di India
Dalam naskah india kuno yang berumur 5000 tahun, terdapat sebuah deskripsi yang menakjubkan tentang mesin terbang, pada waktu itu mereka mengenal benda bernama Rukma Vimana yang dideskripsikan terbuat dari logam, berapa ukurannya dan bagaimana cara kerjanya. Bahkan dalam naskah tersebut diceritakan bagaimana peperangan dengan mesin-mesin terbang yang menghancurkan seluruh kota.

5. Jepang
Seperti di India, di Jepang juga ada catatan kuno yang menggambarkan adanya piring terbang.

6. Lukisan Gua Di Italia, Amerika dan Australia
Di salah satu gua di italia, terdapat lukisan purba yang berumur ribuan tahun tentang dua orang yang menggunakan helm astronot , di amerika disebuah bukit sego canyon di Utah, terdapat lukisan-lukisan aneh di dindingnya yang berupa makhluk-makhluk yang memiliki antenna dikepala dan memakai helm, sama seperti yang ditemukan di Australia. Jika lukisan-lukisan dinding ini adalah murni karangan para manusia purba, darimana mereka dapatkan inspirasi atau ide bentuk-bentuk seperti itu ?

Sumber : infolabel.blogspot.com
komentar (5) | | Read More...

Misteri Kecantikan Nyi Roro Kidul

Masyarakat Tanah Jawa tentu sudah akrab dengan legenda yang berkisah tentang keberadaan Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul adalah sosok penguasa laut selatan yang digambarkan memiliki kecantikan abadi sepanjang masa. Beragam dongeng tentang keberadaannya banyak diceritakan dalam buku dengan berbagai versi. Versi cerita ini berbeda tergantung pada daerah dan lokasi di mana dongeng itu diceritakan. Versi Nyi Roro Kidul di daerah pesisir Malang Selatan tentu akan jauh berbeda dengan versi Nyi Roro Kidul di daerah Yogyakarta atau Jawa Barat.

Di antara berbagai versi cerita yang banyak beredar di lingkungan masyarakat, terdapat satu kesamaan yang diceritakan oleh para pendongeng yaitu kecantikan sang ratu. Selain cantik, sosok Ratu Kidul merupakan sosok agung yang dimuliakan dan dihormati dalam mitologi Jawa. Masyarakat Jawa mengenal sebuah istilah "telu-teluning atunggal" yang berarti tiga sosok menjadi satu kekuatan yaitu Eyang Resi Projopati, Panembahan Senopati, dan Ratu Kidul. Ratu Kidul juga dipercaya menjadi "istri spiritual" raja-raja trah Mataram.

Berpakaian serba hijau

Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai sosok yang anggun dan mempesona serta memiliki tatapan yang syahdu dan memukau. Wajah Nyi Roro Kidul menyiratkan sebuah sifat kebijaksanaan. Selain itu, Nyi Roro Kidul dikatakan selalu mengenakan pakaian berwarna hijau. Oleh sebab itu, konon ketika Anda mengunjungi pantai selatan, Anda dilarang memakai baju berwarna hijau. Nyi Roro Kidul, menurut deskripsi, adalah sosok yang memakai mahkota ratu dan memakai kain selendang di bahu. Nyi Roro Kidul biasa digambarkan dengan tata rias khas Jawa dengan sorot mata yang tajam dan menusuk. Konon, tatapan mata Nyi Roro Kidul inilah yang biasa menjadi pusat mistis lukisan-lukisannya.

Berpakaian khas kerajaan

Menurut versi cerita masyarakat Yogyakarta, Nyi Roro Kidul sering terlihat mengenakan pakaian khas kerajaan. Nyi Roro Kidul biasa digambarkan dengan pakaian khas kerajaan dengan atasan berbentuk kemben dengan warna hijau. Nyi Roro Kidul juga selalu memakai mahkota berwarna emas di kepalanya. Selain itu, aksesoris berupa gelang emas juga selalu dipakai. Karena parasnya yang sangat cantik, Nyi Roro Kidul juga dipanggil dengan sebutan matahari yang bersinar. Sedangkan menurut versi cerita Babad Tanah Jawi, Nyi Roro Kidul sering menampakkan diri dengan diikuti berbagai perangkat serta ornamen perang. Meskipun begitu, kecantikan abadi Ratu Pantai Selatan ini tidak pernah berhenti terpancar. Pakaian khas kerajaan yang dikenakan Nyi Roro Kidul seolah menambah sisi mistis kecantikannya. Nyi Roro Kidul sering diilustrasikan mengendarai kereta keraton dengan busana kebesaran itu.

Menurut penuturan masyarakat, siapa saja bisa melihat sosok Nyi Roro Kidul. Anda hanya perlu pergi ke Pantai Karang Hau di Sukabumi, Jawa Barat. Di sana, Anda hanya perlu masuk ke Samudra Beach Hotel, sebuah hotel paling tua dan paling unik di sana. Di hotel tersebut terdapat sebuah kamar bernomor 308 yang konon khusus disediakan untuk Nyi Roro Kidul. Menurut mereka yang sudah pernah mengunjungi tempat itu, siapa pun bisa bertemu dengan sosok ratu jelita ini.

Sumber : infolabel.blogspot.com
komentar (11) | | Read More...

7 Penampakan Galaksi yang Menakjubkan

Teleskop HubbleSpace adalah kolaborasi antara NASA dengan European Space Agency yang sudah beroperasi selama 20 tahun tidak henti-hentinya mengambil foto-foto luar angkasa. HubbleSpace merupakan salah satu teleskop terbagus NASA. Para astronom pun memilih 10 foto galaksi terindah dari sekian banyak foto galaksi yang pernah diambil oleh teleskopo HubbleSpace ini.

Berikut adalah 7 foto Galaksi terindah di Jagad raya yang fotonya pernah diambil oleh Teleskop HubbleSpace :

1. The Sombrero Galaxy
2. The Ant Nebula
3. Nebula NGC 2392
4. Cat's Eye Nebula
5. The Hourglass Nebula
6. Cone Nebula
7. The Perfect Storm




Sumber : infolabel.blogspot.com
komentar (8) | | Read More...

Pesan Terakhir Ustad Jefri Al Bukhori Sebelum Meninggal Dunia

Penulis : Andi Aryatno on Jumat, 26 April 2013 | 15.17

Jumat, 26 April 2013

Ustad Jefry Al Buchori meninggal dunia akibat kecelakaan yang terjadi di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Dalam kesecalaan itu Ustad Jeffry sedang mengendarai motor besarnya.

Sabahat ustad Jeffry atau Uje, ustad Mahdy Alatas mengatakan, sebelum meninggal Uje diketahui sedang melakukan kegiatan bersama rekan-rekannya dikomunitas motor gede.

Pada saat melakukan kegiatan tersebut, Uje sempat menyampaikan pesan terakhir kepada para sahabatnya yang sedang mengikuti kegiatan tersebut.

“Beliau sempat bilang kepada para sahabatnya bahwa hari ini adalah hari terakhir beliau menggunakan BlackBerry sebagai alat untuk berdakwah,” ujar ustad Mahdy, Jumat (26/4/2013).

Menurutnya, para sahabat tidak mengetahui sacara pastti mengapa Uje mengatakan hal tersebut. Namun dia mengenail Uje sebagai sosok yang bersahaja dan selalu berdakwah secara baik.

“Berdakwa itu biasa dilakukan beliau lewat apapun,” tandasnya.

Polda Metro Jaya membenarkan Ustad Jefry Al Buchori atau yang biasa disapa Uje meninggal dunia dalam kecelakaan motor di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2013) dini hari.

Melalui akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, diinformasikan bahwa korban kecelakaan tersebut adalah Ustad Jefry. Berikut bunyi informasi tersebut. “03:47 Kecelakaan Pemotor Kawasaki B 3590 SGQ di Jl. Gedong Hijau 7 Pdk Indah, korban meninggal dunia a/n Bpk Jefri Al Buchori.” 

Sumber : indoritel.com
komentar (3) | | Read More...

Mafia Pengaturan Skor Sepakbola

Gegap gempita ajang sepak bola bermerk Liga Champions, Liga Europa dan Piala Dunia telah menghibur masyarakat dunia sebagai manifestasi dari ungkapan mendasar bahwa setiap manusia berciri "manusia yang bermain" (homo ludens).
Di balik "yang asyik" dari tayangan bola ternyata ada badai heboh yang didalangi oleh kelompok mafia pengaturan skor.

Beberapa waktu lalu, sebanyak 680 pertandingan bola dalam ajang penyisihan Piala Dunia dan laga Liga Champions dalam kurun antara 2008 dan 2012 terindikasi terkena virus bernama skandal pengaturan skor berskala global.

Adakah memang sepak bola internasional demikian bobrok karena terimbas oleh campur tangan mereka yang ingin meraup keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa menghiraukan nilai fair play yang merupakan jiwa dari setiap laga sepak bola?

Kerusakan akibat skandal pengaturan skor demikian serius mengancam nilai sportivitas sampai-sampai Interpol bersama lembaga kepolisian Uni Eropa (Europol) menghimpun kekuatan untuk menelisik dan menginvestigasi 380 pertandingan yang dihelat di Eropa dan 300 laga yang digelar di luar Eropa.

Pengaturan skor sepak bola menggenapi pepatah "di mana ada madu, di situ ada lebah". Sepak bola bagaikan madu, dan mereka yang berkomplot dalam pengaturan skor bagaikan lebah.

Tak heran bila Direktur Europol Rob Wainwright mengatakan lembaganya sedang mengidentifikasi sekitar 425 orang dari kalangan pejabat, pemain sampai pelaku kriminalitas yang terindikasi melakukan aksi pengaturan skor pertandingan bola.

Para investigator menyatakan aksi pengaturan skor laga bola oleh jaringan mafia itu punya beking berupa kartel di Singapura.

Dana yang terhimpun di sana ditaksir sebanyak 8 juta euro termasuk keuntungan dari hasil suap yang mencapai hampir 2,5 juta dolar Singapura.

Polisi Jerman melukiskan bahwa jaringan kurir pengaturan skor bola telah menggurita di seluruh dunia. Mereka menyuap para pemain dan wasit dengan jumlah uang sogokan bisa mencapai 180.000 dolar Singapura.

Mereka yang terhimpun dalam jaringan mafia itu memanfaatkan jaringan internet atau saluran telpon untuk berhubungan  dengan sejumlah bandar yang berkedudukan di Asia.

Aksi para bandar itu memenuhi fatsun klasik, bahwa bertambahnya cinta akan uang, sebesar itu pula napsu untuk mengeruk uang (crescit amor nummi, quantum ipsa pecunia crevit). Di mana uangmu, di situ hatimu berada.

Komentator dari BBC, Phil Parry menyatakan merebaknya pengaturan skor sepak bola ikut menumbuhsuburkan korupsi di beberapa negara. "Saya berpendapat bahwa masyarakat akan sejenak tercengang ketika mereka mengatahui skala dari jaringan itu," katanya.

Skandal pengaturan skor pertandingan merusak sendi-sendi integritas dalam olah raga, khususnya dalam sepak bola. "Masyarakat mulai menaruh keraguan akan integritas olah raga, mereka tidak akan mempercayai lagi hasil pertandingan," katanya.

Pengamat bola asal Jerman, Rafael Buschmann menulis dalam majalah Der Spiegel bahwa pengaturan skor pertandingan yang terjadi di Eropa menunjukkan kiprah UEFA dan FIFA boleh jadi  mengalami kegagalan, seiring usaha untuk mengungkap dalang beserta antek-anteknya dalam aksi itu.

Pada Februari 2011, dari sebuah dokumen lembaga pengadilan di Finlandia terungkap bahwa seorang warganegara Singapura bernama Wilson Raj Perumal telah bertemu dengan para wasit dan pejabat pertandingan untuk mengatur skor dua laga persahabatan berskala internasional.

Menurut dokumen pengadilan itu, ia kemudian menyuap enam wasit agar "mengamankan" hasil laga sesuai kemauan para bandar bola. Ini jelas aksi mafia pengatur skor bola.

Aksi Perumal memakan korban. Dua pertandingan, masing-masing laga timnas Bolivia melawan Latvia yang berakhir 2-1, dan laga antara Estonia kontra Bulgaria yang berujung skor imbang 2-2, terindikasi terkena ranjau pengaturan skor.

"Kami semua merasa terkejut, " kata mantan pemain timnas Jerman Lothar Matthaeus yang waktu itu menjadi pelatih timnas Bulgaria. "Kami sudah mengetahui bahwa ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi, meski saya tidak langsung menunjuk telah terjadi manipulasi," katanya pula.

Perumal akhirnya dicokok di Finlandia tidak lama setelah digelar sejumlah pertandingan. Ia memenuhi ungkapan dari pujangga Seneca bahwa "yang memperoleh imbalan dari sebuah kejahatan adalah dia yang melakukannya" (cui prodest scelus, is fecit).

Berbekal informasi dari Perumal itulah, para investigator mengungkap tali-temali dari skandal pengaturan skor berskala global. Europol mencatat, sepak bola Eropa menghadapi mafia pengaturan skor, utamanya yang berpusat di Asia.

Ketua FIFA Sepp Blatter bereaksi dengan berkata, sepak bola global tidak memberi toleransi apa pun dengan segala bentuk manipulasi skor pertandingan.

Perlu ditemukan dan dilakukan "sistem pengawasan dini" agar perilaku mafia skor laga tidak merusak sportivitas sepak bola. Perlu juga ditemukan pola-pola sistematis dari aksi judi bola agar aksi mafia pengatur skor tidak menjadi-jadi.

Pejabat penyelidik asal Jerman yang juga menjadi ahli dalam menyelidiki skandal-skandal judi olah raga, Friedhelm Althans menunjuk bahwa segala aturan yang mencegah skandal pengaturan skor tidak berdaya menghadapi aksi mafia itu.

Dalam sebuah jumpa pers, ia menyatakan, sistem pengawasan dini yang diberlakukan oleh FIFA dan UEFA "masih jauh dari kisah sukses".

Dua organisasi sepak bola itu mengandalkan sistem perangkat lunak yang dirancang untuk menjejak aksi skandal pengaturan skor di seluruh dunia, meski efektivitas perangkat itu tidak seluruhnya membuahkan hasil maksimal.

Mantan petugas UEFA yang merancang perangkat sistem itu mengatakan sistem pengawasan dini itu berfungsi ketika seseorang tengah melakukan pangaturan skor pertandingan, dan merekam jumlah uang yang relatif besar yang digunakan dalam aksi judi bola.

Sistem itu kedapatan "tidak berfungsi" alias melempem ketika menjejak jumlah uang yang relatif kecil di berbagai aksi taruhan judi bola.

"Mereka mengenali rumah-rumah judi bola di Eropa, umumnya perusahaan itu semi-ilegal dan ilegal yang berkedudukan di Asia," kata mantan petugas di UEFA.

Dua perusahaan yang bergerak dalam aksi taruhan kemudian ditertibkan. Ante Sapina dan Marijo Cvrtak telah dijatuhi hukuman di Jerman selama lima tahun karena keduanya menjadi dedengkot dari aksi taruhan antara tahun 2006 dan 2008. Keduanya dicurigai punya jaringan di Asia yang berhubungan dengan rumah taruhan di Inggris.

"Sistem peringatan dini tidak punya gigi. Aksi pengaturan skor merupakan bisnis yang menggiurkan bagi sejumlah orang untuk memperoleh banyak uang," kata petugas Interpol. "Para oknum itu umumnya berpusat di Asia."

Sejumlah aksi pengaturan skor bola pernah terjadi. Skandal "calciopoli" yang menerjang Juventus menjadi monumen getir bagi sepak bola Italia.

AC Milan, Lazio, dan Fiorentina tidak luput dari skandal itu dengan memanfaatkan wasit yang mudah diajak main kongkalikong. Ujung-ujungnya, Juventus dilorot ke Serie B dan dua gelar Serie A pada 2005 dan 2006 dibatalkan. Tiga klub itu perolehan poinnya dipangkas.

Pada 1993, presiden klub Marseille Bernhard Tapie kedapatan menyuap para pemain  Valenciennes FC di Liga Prancis. Klub itu kemudian diganjar hukuman dari Ligue 1 dan Tapie dikirim ke hotel prodeo.

Di Jerman pada 2005, wasit Robert Hoyzer mengaku telah berhubungan dengan sindikat pengatur skor pertandingan asal Kroasia. Sebanyak 2 juta euro telah diguyur sebagai uang sogok bagi pengaturan skor di divisi dua Jerman, divisi tiga dan Piala Jerman. Hoyzer akhirnya dijebloskan ke penjara.

Di Turki pada 2011, dua orang kedapatan mengatur skor pertandingan dalam pertandingan persahabatan di Turki - Latvia versus Bolovia, dan Latvia versus Bulgaria.

Tujuh gol dijaringkan dalam pertandingan itu, dan semuanya dihasilkan dari tendangan penalti. FIFA akhirnya menjatuhkan hukuman seumur hidup bagi sejumlah pejabat, mereka berasal dari Hungaria dan Bosnia.

Di Turki pada 2012, presiden Fenerbahce, Aziz Yildrim dijatuhi hukuman enam tahun penjara karena melakukan pengaturan skor enam pertandingan dan memberi uang suap kepada para pemain dan pejabat klub. Fenerbahce akhirnya dilarang  sementara ikut Liga Champions pada 2011-2012.

Serangkaian drama pengaturan skor oleh ulah para mafia itu jelas-jelas mencoreng jiwa sportivitas sepak bola. Sepak bola sebagai manifestasi dari "homo ludens" menganut salah satu pandangan klasik Yunani bahwa hidup akan terasa panjang apabila dipenuhi dengan perbuatan bermakna (longa est vita si plena est).

Pengaturan skor dalam sepak bola berkembang merebak dalam budaya global. Nah, kalau sepak bola menyediakan segalanya - dari olah raga sampai hiburan, bahkan kepentingan politik dan ekonomi dan sosial - maka sepak bola dapat diibaratkan sebagai "shopping mall".

Dengan sepak bola, orang dari mana pun dan berasal dari manapun dapat bertemu, berinteraksi bahkan  berjualan. Inilah akar masalah munculnya mafia pengatur skor pertandingan bola.

Pemikir postmodernis, Jean Baudrillard mengakui pentingnya shopping mall, "...karena di sana orang dapat menciptakan musim semi terus menerus, dengan demikian orang menjadi budak dari waktu. Mall, dapat diakses setiap hari dalam sepekan, dari siang sampai malam."

Sama halnya, dengan sepak bola, kini orang dapat menyaksikan tayangan sepak bola dari berbagai liga dunia lewat media elektronik, tanpa mengenal ruang dan waktu. Orang di berbagai belahan dunia manapun dapat menyaksikan kehebatan dari para bintang-bintang bola membela timnya.

Orang menjadi bulan-bulanan dari jadwal liga sepak bola, dengan kata lain orang menjadi budak dari waktu tayangan bola.

Baudrillard menyama-nyamakan shopping mall sebagai "tempat ibadah baru", bahkan dapat disebut sebagai "neraka" bagi masyarakat modern yang menjadikan konsumsi sebagai tuhan-tuhan yang baru. "Aku mengonsumsi, maka aku ada". "Aku menyaksikan tayangan sepak bola, maka aku ada".

Laga demi laga sepak bola dijual untuk dikonsumsi habis-habisan oleh mereka yang telah menjadi budak dari tayangan demi tayangan media. Dalam situasi seperti inilah, mafia bola gentayangan bak hantu di taman kayangan bernama sepak bola global.

Nah, dalam lingkup serba konsumtif seperti inilah, aksi mafia pengaturan skor merebak tumbuh subur di laga bola. Karena sepak bola telah menjadi komoditas, maka pengaturan skor muncul karena di sana bertemu antara pembeli dan penjual dalam ruang besar bernama "shopping mall".

Dan media cetak dan elektronik ikut menjadi dayang dari permaisuri bernama hasrat konsumtif masyarakat penggila bola. Ungkapan khas Betawi, "Ente jual, ane beli."

Dan publik pecinta bola global senantiasa berseru, "semoga hal itu jauh dari kami" (longe absit). Dan pujangga Plautus menegaskan, apa yang diperoleh dengan cara yang jahat, akan hancur menyengsarakan (male parta male dilabuntur).

Sumber : rosianto.com
komentar (4) | | Read More...

Misteri Berkomunikasi Dengan Arwah Melalui Papan Quija

Penulis : Andi Aryatno on Kamis, 25 April 2013 | 17.10

Kamis, 25 April 2013

Penyebutan sesuatu yang mirip dengan papan ouija ini pertama kali ditemukan di Cina pada sekitar 1200 SM, melalui metode meramal yang disebut fu-ji. Ada sumber yang mengatakan bahwa Fu-Ji ini bukanlah ouija, karena metode yang digunakan berbeda, dimana dalam Fuji, peramal menuliskan dalam kondisi "dibimbing oleh mahluk halus"
Sumber lain mengatakan bahwa menurut punuturan ahli sejarah Perancis, Phyitagoras, pada tahun 540 SM telah melakukan ritual pemanggilan arwah melalui "meja mistis, yang bergerak dengan roda, dan mendekati simbol tertentu, yang kemudian diterjemahkan oleh Phytagoras dan muridnya Philolaus." Hal ini juga menimbulkan perpecahan, karena Philolaus, diidentifikasi bukan murid Phytagoras, melainkan lahir setelah 25 tahun Phytagoras meinggal.

Rekaman yang tidak banyak menimbulkan perdebatan adalah Modern Spiritualist Movement di Amerika pada pertengahan abad ke 19. Rekaman dari para Spiritualis ini (jika tidak mau disebut dukun) menunjukkan bahwa kegiatan mereka melibatkan meja dengan huruf-huruf, walaupun pada saat itu ada berbagai metode untuk menunjukkan huruf mana yang dimaksud. Salah satunya adalah dengan memegang pendulum diatas suatu papan atau lantai dengan huruf-huruf. Metode lain adalah dengan menggunakan semacam penunjuk yang disebut planchette dengan pensil yang di letakkan pada planchette dan mulai melakukan apa yang disebut sebagai automatic writing (mirip seperti Fu-Ji). Metode-metode inilah yang menjadi tonggak berdirinya Spiritualisme Modern

Pada akhir 1800an, planchette mulai dipatenkan oleh Elijah Bond dan Charles Kennard, Planchette dijual berbarengan dengan papan yang bercetak-kan alfabet. Paten atas desain mereka di ajukan pada tanggal 28 Mei 1890, dan semenjak itulah lahir Papan Ouija. Paten tersebut dikeluarkan pada tanggal 10 Februari 1891 dan mendapat nomor 446,054. Salah satu nama, Fuld, terkenal juga sebagai penemu papan Ouija, padahal di sejarah, dituliskan bahwa Fuld adalah salah seorang yang bekerja kepada Bond dan Kennard untuk memproduksi papan ini.

Cara menggunakan papan ini dibilang cukup standar bagi para spiritualis. Dengan masing orang yang hadir memegang penunjuk, (biasanya cukup satu jari saja) dan medium jg melakukan hal yang sama, maka arwah dipanggil dan akan "masuk" kepada medium. Medium dalam hal ini bisa berarti manusia (pemanggil arwah). Selanjutnya penanya akan menanyakan pertanyaan, dan penunjuk, yang dipegangi bersama2 tadi akan bergerak sendiri untuk menunjukkan angka atau huruf yang berkaitan dengan jawaban yang diberikan oleh sang arwah.

Banyak sekali kritik yang ditujukan kepada pengguna papan ouija ini. Salah satunya adalah bahwa dengan mata terbuka, si pengguna akan dapat mengarahkan penunjuk kearah mana dia ingin berbicara. Hal ini segera dibantah oleh para spiritualis. Para spiritualis percaya bahwa papan Ouija ini bisa dipakai untuk melakukan kontak langsung dengan dunia arwah, dan mereka merasa bahwa dengan menutup mata para medium, maka kemampuan komunikasi arwah akan berkurang jauh. Hal ini didasarkan bahwa roh yang ingin berbicara kepada para pengguna papan, menggunakan mata para medium untuk membantu mereka menunjukkan huruf atau angka mana yang ingin ditunjukkan. Oleh karena ini, beberapa orang percaya juga, bahwa papan ini tidak memiliki kekuatan, dan kekuatan sebenarnya berada di tangan medium yang mampu berkomunikasi dengan dunia arwah.

Sumber : cobaunik.blogspot.com
komentar (3) | | Read More...

Gudang Ilmu Jangan Sampai Berakhir di Gudang

Penulis : Andi Aryatno on Rabu, 24 April 2013 | 03.45

Rabu, 24 April 2013

 Selamat Hari Buku Sedunia! Siapa di sini yang pernah baca buku? Pasti semuanya pernah dong. Mulai dari waktu kecil sering baca buku cerita, udah gede dikit bacanya teenlit atau novel, gedean dikit baca buku yang paling bikin nangis, buku tabungan (pas liat sisa saldonya).

Buku itu banyak gunanya, lho. Selain buat dibaca dan nambah ilmu, ternyata buku bisa dipake buat nyepik. Misalnya, kamu lagi jalan-jalan di toko buku, terus liat yang kece lagi baca suatu buku. Kamu bisa ambil buku sejenis, terus pura-pura baca di deket dia, terus tinggal sepik, “Kamu suka buku ini juga?” Dan kemudian kamu akan kenalan, jalan, dan jadian... tentunya kalau semua berjalan lancar dan gak kembali ke tampang.

Menurut pantauan kami, setelah nanya-nanya, stalking, dan mengamati lingkungan sekitar, ada beberapa kelakuan yang biasa orang lakukan berhubungan dengan buku.

Ada orang yang beli buku buat keren-kerenan doang. Beli bukunya karena buku itu lagi rame diomongin banyak orang. Belinya pun ngebet banget, tanpa ngeliat review-review terlebih dahulu.

Berikutnya ada juga yang beli buku karena orang yang nulisnya adalah idola dia. Apalagi sekarang zamannya Twitter jadi seorang fans bisa terhubung langsung dengan idolanya –meski gak semuanya dapat balasan–. Tapi ketika si idola itu bikin buku, beli bukunya dengan harapan dapet mention dari idolanya. Kalo niatnya cuma itu, emang gak bagus sih. Tapi selama itu beli, ya lebih baik daripada yang minjem dan gak dikembaliin lagi.

Ada juga orang yang nyari buku karena lagi pedekate. Jadi pedekate-annya itu suka baca buku tertentu, terus dia jadi nyari buku yang sama kayak yang dibaca pedekate-annya, biar ada bahan obrolan.

Ada lagi orang yang beli buku karena kepengen doang. Pas jalan-jalan ke mal, liat-liat ke toko buku, nemu buku yang cover-nya menarik, diliat-liat, dipikir-pikir, “Kayaknya bagus nih.” Tapi terus pas dibawa ke rumah, dibaca dikit doang, gak kelar.

Tapi dari poin-poin di atas, itu masih lebih mending selama buku-buku itu dibaca... dan tentunya diapresiasi. Sekalipun bukunya boleh minjem, dijaga baik-baik dan jangan lupa dikembaliin ke yang punya. Kalau isinya jelek, ceritakan kenapa jeleknya dengan jujur, kalau bagus dipuji sewajarnya. Jangan biarkan buku –yang katanya gudang ilmu– itu berakhir gak terbaca di gudang.

Hayooo, siapa yang punya ‘utang’ belum kelar urusan sama buku dan sekarang bukunya dianggurin? Ayo ayo dituntaskan sekarang...

Siapa yang minjem buku tapi belum dikembaliin? Kembaliin sekarang!

Sumber : nyunyu.com

komentar (2) | | Read More...

7 Air Terjun Paling Maut di Dunia

 Air terjun memang bukan cuma soal pemandangan, tapi juga debit air dan ketinggiannya. Kalau Anda memang suka tantangan, coba hampiri 7 air terjun paling tinggi dan paling maut di dunia berikut ini.

Di luar pemandangannya yang dahsyat, beberapa air terjun di dunia dinilai paling maut karena ketinggiannya. Oleh karena itu, banyak traveler yang haus akan tantangan berdatangan mengunjunginya. Dilihat detikTravel dari situs Wonders World, ini dia hitung mundur 7 air terjun paling maut di dunia:


7. Yosemite Falls, AS
Dimulai dari nomor 7, ada Yosemite Falls di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat. Dengan tinggi mencapai 739 meter, air terjun ini menjadi primadona traveler dunia. Uniknya, air terjun ini memiliki beberapa lembah yang memecah jatuhnya air dari atas.

Pada ketinggian 436 meter, ada sebuah lembah berukuran cukup besar. Debit air yang cukup besar dari atas seakan menabrak lembah dan menghasilkan percikan air yang indah. Kemudian, air akan kembali jatuh ke bawah. Selanjutnya, ada juga lembah kecil di ketinggian 205 meter dan 97 meter.

Lembah-lembah tersebut tidak dibuat oleh manusia. Air terjun yang tinggi membuat tekanan air sangat besar, sehingga membuat lubang yang saat ini dikenal dengan nama lembah di Yosemite Falls.


6. Mutarazi Falls, Zimbabwe
Siapa sangka, ternyata Zimbabwe juga punya air terjun yang sangat tinggi dan cantik. Namanya Mutarazi Falls, air terjun setinggi 762 meter yang jatuh di Sungai Mtarazi. Ternyata, air terjun ini sudah sering didatangi oleh banyak traveler.

Mereka yang datang biasanya adalah yang suka tantangan. Para wisatawan tersebut biasa melompat bebas berbekal parasut dari puncak air terjun. Berbeda dengan Yosemite Falls yang memiliki lembah, Mutarazi Falls tampak polos tanpa halangan bagi yang mau terjun bebas hingga ke dasarnya.


5. Gocta Cataracts, Peru
Selanjutnya ada Gocta Cataracts di Peru yang punya 2 air terjun sekaligus. Keduanya mengalir dari ketinggian 771 meter menuju Sungai Cocahuayco. Air terjun ini sudah dikenal oleh warga sekitar selama berabad-abad. Tapi kemudian mendadak terkenal karena ilmuwan asal Jerman, Stefan Ziemendorff. Dirinya mengukur ketinggian air terjun dan mempopulerkannya.

Air terjun ini dikenal memiliki debit air yang besar. Saking besarnya, suara deburan airnya sudah terdengar dari radius beberapa kilometer.


4. Air Terjun Mongefossen, Norwegia
Hanya berbeda 2 meter dari Gocta Cataracts, Norwegia punya air terjun bernama Mongefossen dengan ketinggian 773 meter. Air terjun ini terlihat sangat cantik. Banyak juga wisatawan yang terjun bebas dari puncaknya.

Sayangnya, air di Mongefossen saat ini sudah tak sederas dulu. Airnya digunakan sebagian untuk pembangkit listrik tenaga air. Jadi saat musim panas, bisa jadi Mongefossen tak akan mengeluarkan air sedikitpun.


3. Air Terjun Ramnefjellsfossen, Norwegia
Berada di posisi ketiga dan masih di Norwegia, ada Ramnefjellsfossen yang memiliki ketinggian 818 meter. Air terjun yang juga dikenal dengan nama Utigardsfossen ini punya debit air yang sangat besar. Semua air tersebut mengisi Danau Lovatnet yang tenang dan indah.

Pada ketinggian sekitar 599 meter, air yang jatuh dari puncaknya 'singgah' terlebih dulu bebatuan yang cukup besar. Setelah itu, air kemudian kembali meluncur bebas menuju danau di bawahnya.


2. Tugela Falls, Afrika Selatan
Memiliki ketinggian 948 meter, membuat Tugela Falls dikenal sebagai air terjun tertinggi kedua di dunia. Air terjun ini berada di lereng Pegunungan Dragon yang masih masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Royal Natal.

Selain memiliki ketinggian yang dahsyat, Tugela Falls juga punya dinding yang cantik. Sesekali air terjun akan terpecah karena menghantam dinding batu yang menjorok keluar. Saat sore hari, Tugela Falls terlihat makin cantik. Air terjun ini akan disinari oleh cahaya matahari dan memantulkannya menjadi pelangi yang indah.


1. Angel Falls, Venezuela
Di ujung Gunung Auyantepui di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela, Amerika Selatan, air terjun ini mengalirkan air dari ketinggian 979 meter. Nama air terjun ini sebenarnya diambil dari nama pilot yang pertama kali terbang untuk mencari tambang emas pada tahun 1963. Pilot bernama James Crawford Angel tersebut kemudian melihat air terjun dan mendaratkan pesawat tidak jauh lokasi. Untuk mengenang penemuannya, maka air terjun tersebu diberi nama Angel Falls.

Saat air sedang banyak-banyaknya terjun dari atas, jangan pernah untuk berdiri persis di bawah air dengan maksud untuk merelaksasikan badan seperti yang bisa Anda lakukan di air terjun lainnya. Jika Anda memaksakan itu, bukan kesegaran yang bisa didapat, tapi malah justru sakit yang bisa Anda rasakan. Hati-hati juga jika berencana untuk terjun bebas dari puncaknya, sebab Angel Falls punya dinding berbatu tajam.

Sumber : terselubung.blogspot.com
komentar (19) | | Read More...

Sejarah Hari Ini

Google+ Badge

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Design Template by Mas Kentir | Support by creating website | Powered by Blogger