News Update :
Home » , » Uniknya Seni Klotekan Lesung

Uniknya Seni Klotekan Lesung

Penulis : Unknown on Minggu, 01 April 2012 | 06.01

Pernahkah kamu mendengar kesenian klotekan lesung? Di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, kesenian yang dulu sering digunakan oleh petani itu masih lestari, lho!

Klotekan lesung adalah kesenian orang desa terutama petani. Jaman dahulu, ketika para petani selesai menumbuk padi di lesung, mereka kemudian bernyanyi dengan iringan ketukan alu (penumbuk padi) ke lesung kosong. Mereka bernyanyi sambil bercanda. Nah, kesenian asli Indoesia itu kini masih dilestarikan oleh kaum ibu di Kendal.

Para ibu yang berusia di atas 50 tahun itu tergabung dalam kelompok kesenian klotekan lesung, Sanggar Langen Nugroho Budaya. Menurut pengasuh sanggar, Sapto Gembong, Jumat (30/3), para ibu itu rajin berkumpul dan latihan memukul lesung untuk mendapatkan bunyi yang harmonis. Mereka juga sering tampil di acara-acara resmi.

Sayang, kesenian klotekan lesung itu kini sudah hampir musnah. Penyebabnya, perkembangan jaman yang membuat petani tidak menggunakan lesung untuk menumbuk padi menjadi beras. Untuk itu, Sanggar Langen Nugroho Budaya tertantang untuk melestarikan kesenian asli Indonesia tersebut. (ITA/Foto: Kompas)

Sumber

Kata Mutiara Hari Ini
Orang yang tidak pernah melakukan kesalahan adalah orang yang tidak pernah melakukan suatu apapun.

Share this article :
 
Design Template by Mas Kentir | Support by creating website | Powered by Blogger