News Update :
Home » , , » 5 Fakta di Balik Mumifikasi Suku Nazca Kuno

5 Fakta di Balik Mumifikasi Suku Nazca Kuno

Penulis : Unknown on Rabu, 04 April 2012 | 18.39

1. Faktor Alam




Ada beberapa alasan kenapa proses mumifikasi yang dilakukan dan terbukti di Pemakaman Chauchilla dikatakan sukses. Pertama dan terpenting:iklim gurun Peru yang kering. Di antara semua dataran kering yang ada di planet bumi, lingkungan gurun pasir di dataran Peru ini mendukung upaya pengawetan atau mumifikasi pada mayat, karena menjaga jasad dari pembusukan dan kelembaban berlebihan.

Meskipun cuacanya panas, kering secara alami, upaya persiapan pemakaman Suku Nazca pun memiliki peranan penting terhadap keberhasilan terhadap pengawetan mayat anggota suku mereka. Masyarakat Suku Nazca kuno ini membalsami mayat dengan lapisan resin (damar), memberi mayat pakaian berbahan katun, dan menguburkan mayat ke dalam tempat yang istimewa terbuat dari bata berbahan dasar lumpur.

2. Bukti Kekuatan Tradisi



Sebagai upaya melestarikan tradisi nenek moyang yang terdapat dalam kebudayaan Suku Nazca, semua kerangka menghadap ke timur dengan posisi membungkuk dan duduk tegak. Dengan posisi tersebut mereka seakan menghormati para pengunjung yang datang. Satu hal yang menakjubkan adalah kerangka-kerangka tersebut memiliki rambut, dan bahkan jaringan tipisnya pun walau disinari panasnya sinar matahari berabad-abad, masih utuh.

Beberapa situs arkeologi yang berdekatan dengan Pemakaman Chauchilla yang juga memiliki beberapa petunjuk mengenai metoda yang digunakan dalam upaya pengawetan mumifikasi mayat. Di Estaqueria, para ahli kepurbakalaan telah menemukan semacam peti kayu yang digunakan untuk mengeringkan mayat. Seperti sebuah formula, yakni mencampurkan antara keyakinan dan ilmu pengetahuan yang menjadikan mayat ini berhasil menjadi mumi.

3. Status Hidup si Mumi



Beberapa mumi yang ditemukan mengarah pada jasad seorang shaman (tabib, dukun penyembuh, pemimpin rohani). Mumi seseorang yang semasa hidupnya dihormati dan disegani tersebut, terlihat dari banyaknya artefak berupa peralatan terbuat dari batu dan beberapa perlengkapan sebagai bekal di kehidupan setelah kematian.

4. Masa Lalu



Kebudayaan Nazca sendiri berkembang antara tahun 100 dan 800 SM, sebagaimana pemakaman, sejarahnya pun bisa dilacak kembali. Suku Nazca adalah suku pengrajin yang handal, mereka mampu membuat berbagai kerajinan gerabah maupun menenun, bahkan teknologi pengairan mereka masih berfungsi hingga saat ini. Namun Suku Nazca pun miliki sisi budaya yang mengerikan. Salah satunya adalah budaya pemakaman terpisah (partial burial) yang banyak ditemukan di situs Chauchallia. Di sana ditemukan beberapa tengkorak kepala yang terpisah dari badannya.

5. Fenomena Supranatural



Masyrakat setempat menceritakan tentang sebuah fenomena cahaya terang dan obyek bergerak yang sering terlihat di kompleks pemakaman di malam hari. Beberapa menyebutkan hal ini adalah sebuah kegiatan supranatural dan sejenisnya. Mengenai mitologi, seni dan sastra, di sekitar situs ditemukan beberapa desain besar yang menggambarkan sosok binatang. Tergores di bumi dan terlihat jelas di angkasa. (**)

Sumber : uniknya.com

Kata Mutiara Hari Ini 
 Mencintai adalah menerima apa adanya orang yang kita cintai. Lihatlah itu sebagai anugerah & berkat. - Kata Mutiara
Share this article :
 
Design Template by Mas Kentir | Support by creating website | Powered by Blogger