News Update :
Home » , » Dampak Mengunyah Dengan Satu Sisi Mulut Saja

Dampak Mengunyah Dengan Satu Sisi Mulut Saja

Penulis : Andi Aryatno on Jumat, 12 April 2013 | 08.01

Gangguan pada area sekitar mulut, seperti gigi, gusi, atau rahang, memang sangat menyakitkan. Apakah selama ini Anda terbiasa mengunyah makanan hanya satu sisi mulut saja? Jika benar, ada baiknya Anda mulai membiasakan melatih sisi mulut yang kurang aktif mengunyah. Apabila sisi kanan dan kiri mulut berperan tidak seimbang, hal itu berpotensi menyebabkan sakit kepala sebelah atau migrain.


"Mengunyah makanan dengan satu sisi mulut menyebabkan otot tebal dan kuat hanya di satu sisi tersebut. Otot muka di sisi kanan dan kiri menjadi asimetris," kata pakar ortodonti yang juga Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Prof. Eky S Soemantri, ketika ditemui di Jakarta.


Eky menambahkan, otot muka asimetris mengakibatkan gangguan sendi otot atau disebut temporo mandibular joint. Gangguan sendi otot ini dapat menyebabkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.


Mengunyah makanan dengan dua sisi mulut juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Eky menjelaskan, mengunyah sendiri memiliki sifat self cleansing. Kunyahan akan memproduksi air liur pada mulut. Air liur ini secara alamiah akan melawan kuman yang ada di mulut.

"Bila hanya mengunyah di satu sisi saja maka yang akan bersih satu sisi tersebut. Sedangkan sisi yang lain beresiko lebih banyak timbul plak atau karang gigi," katanya.


Di samping itu, Eky mengingatkan agar saat mengunyah makanan juga harus baik. Jika kunyahan kurang halus maka akan memperberat kerja pencernaan. Lambung yang bekerja terlalu berat akan mengeluarkan enzim yang bersifat asam. Keasaman ini lama-kelamaan dapat menggerogoti lambung dan menyebabkan penyakit maag karena fungsi penyerapan di lambung berkurang.

Sumber : zamrudnews.com

Share this article :

+ komentar + 5 komentar

12 April 2013 10.17

makasih infonya

13 April 2013 14.01

sip infonya, setiap makanan harus dikunyah halus dengan kedua gigi selain membersihkan gigi sekaigus melatih otot sekitar gigi

13 April 2013 14.02

Ok nih infonya, tadinya gak tahu kalau udah gini bakal memanfaatkan dua sisi mulut untuk mengunyah

13 April 2013 14.20

Makasih buat artikelnya membantu nih buat menjaga kesehatan gigi dan mulut kita

13 April 2013 14.35

makasih buat infonya, memang kita harus menjaga kesehatan mulut dan gigi. Makanan yang dikunyah pun harus diperhatikan salam kenal

Posting Komentar

 
Design Template by Mas Kentir | Support by creating website | Powered by Blogger