News Update :
Home » , » 5 Kisah Aneh Tentang Meteorit di Dunia

5 Kisah Aneh Tentang Meteorit di Dunia

Penulis : Andi Aryatno on Kamis, 06 Desember 2012 | 05.47

 Meteorit adalah bebatuan yang ada di luar angkasa, seringnya terletak di sabuk antara planet Mars dan Jupiter. Hanya sejumlah kecil saja meteorit yang bisa sampai di Bumi, sisanya hancur karena bergesekan dengan atmosfer. Namun ada kisah di balik jatuhnya meteorit itu ke Bumi. Mesammesem mania, berikut 5 kisah aneh tentang meteorit di bawah ini :

1. Meteorit yang menewaskan sapi

Pada sore hari 15 Oktober 1972 di lahan pertanian Trujillo, Venezuela, terdengar ledakan yang sangat keras.

Keesokan paginya, suatu batu besar ditemukan di samping sapi yang mati dengan leher yang hancur dan tulang selangka yang menonjol. Beberapa tahun kemudian, ilmuwan mengkonfirmasikan bahwa batu itu adalah meteorit.

Meteorit itu menjadi satu-satunya benda yang paling bertanggung jawab atas kematian sapi itu.

"Akan terjadi, dan akan menjadi hari yang sangat menyedihkan. Tak dapat dipungkiri bahwa meteorit akan membunuh manusia," kata konsultan meteorit pada rumah lelang di Manhattan, New York, Darryl Pitt.

2. Meteorit yang membuat penyok mobil

20 Tahun lalu, tepatnya Jumat malam, 9 Oktober 1992, kamera video yang menyiarkan pertandingan rugby di timur laut AS menangkap lintasan cahaya meteorit yang jatuh ke Bumi.

Kamera itu merekam bahwa meteorit itu akhirnya jatuh menghantam mobil Chevy Malibu yang diparkir di Peekskill, New York. Pemilik mobil Chevy, Michelle Knapp, yang saat itu masih berusia 18 tahun menjual mobil itu sepekan kemudian. Hasilnya, mobil itu laku 25 kali dari harga US$ 400 saat Michelle membelinya dari neneknya.

Tidak hanya meteoritnya yang dijual, namun juga letter mobil Malibu dan lampu belakang yang meledak karena dihantam meteorit.

3. Asteroid yang terlacak ke Bumi

Risiko benturan asteroid dan komet pada Bumi bisa sangat berbahaya, untuk itu para astronom selalu memperhatikan benda langit tersebut yang berpotensi mengancam Bumi.

Pada 6 Oktober 2008, Richard Kowalski di Catalina Sky Survey mengamati asteroid baru yang dinamakan 2008 C3, yang diperkirakan akan menumbuk Bumi. Hal itu untuk pertama kalinya bahwa asteroid terlacak para astronom sehari sebelum jatuh ke Bumi.

Asteroid itu meledak saat bergesekan dengan atmosfer, dan seperti yang diprediksikan, asteroid itu jatuh di Padang Pasir Nubian, di utara Sudan. Beratnya 15,9 kg, itu saja sudah hancur sebagiannya karena bergesekan dengan atmosfer.

Asteroid itu dinamakan Almahata Sitta, bahasa Arab yang berarti 'stasiun enam', tempat kereta berhenti menuju Khartoum, di dekat asteroid ditemukan.

4. Meteorit yang diikat ke Bumi

Pada tahun 1942, suatu batu besar jatuh dari langit, di luar Kota Ensisheim, di wilayah Alsatian, Prancis. Sebelumnya, terdengar gelegar petir yang besar, yang menggaung panjang di sekitarnya.

Batu itu dianggap tanda dari Tuhan. Meteorit itu kemudian dibawa ke dalam kota Ensisheim dan dirantai di gereja agar tetap terikat di Bumi. Meteorit itu merupakan meteorit tertua di Eropa yang disimpan.



5. Meteorit yang dibuat obat

Pada 14 Agustus 1992, penduduk Kota Mbale di Nigeria mendengar ledakan yang gaduh, diikuti jejak asap putih di angkasa.

Batu besar kemudian jatuh, tersebar pada luasan radius 3-7 km. Satu pecahan meteorit yang kecil bahkan terpental ke seorang bocah setelah memantul di pohon pisang.

Karena wilayah itu sedang pandemi AIDS, warga Mbale percaya bahwa hujan meteorit itu bisa membawa kesembuhan dari Tuhan. Mereka kemudian melumatkan sebagian batuan itu hingga menjadi pasta dan dimakan atau dioleskan. Beberapa bulan kemudian, astronom mengumpulkan 426 batuan seberat total 108 kg.

Sumber

Tahukah Kamu?
Gerakan Bruce Lee sangat cepat sehingga mereka harus melambatkan filam agar kita bisa melihat semua gerakannya.

Share this article :
 
Design Template by Mas Kentir | Support by creating website | Powered by Blogger