News Update :
Home » , , » Lukisan Da Vinci Tersembunyi di Balik Dinding Selama 500 Tahun

Lukisan Da Vinci Tersembunyi di Balik Dinding Selama 500 Tahun

Penulis : Unknown on Kamis, 15 Maret 2012 | 18.58

Florence – Peneliti menemukan jejak-jejak lukisan Leonardo da Vinci di balik tembok gedung pemerintahan di Florence. Lukisan ini tersembunyi hampir 500 tahun.

Peneliti dan seniman mencari data penelitian dari berbagai sumber. Di situ disimpulkan bahwa ada lukisan da Vinci di balik tembok yang berada Sala dei Cinquecento yang berada di Palazzo Vecchio, Florence, Italia. Peneliti mempergunakan video dan alat-alat micro yang biasa digunakan dalam kedokteran.

Peneliti mempergunakan peralatan micro video untuk melihat isi di balik dinding.

“Dari kombinasi bukti sejarah dan teknologi, kami telah membuka misteri yang terpendam lebih dari 500 tahun,” ujar Terry Garcia, dari National Geographic Society yang menjadi sponsor proyek ini.

Untuk kamu ketahui, pada awal abad 16, pemimpin kota Florence meminta Leonardo, yang pada waktu itu sedang berada di puncak karirnya sebagai seniman, untuk membuat fresko atau hiasan dinding. Fresko itu menggambarkan kemenangan Republic Florence dalam perang melawan orang-orang Milan di lembah Anghiari. Ini terjadi pada 29 Juni 1440.

Leonardo yang menganggap peperangan itu begitu mengerikan, menggambarkan pertempuran itu dengan sekawanan kuda dan penunggangnya yang dengan kegigihan berperang. Sayangnya, Leonardo meninggalkan proyek itu sebelum selesai. Ini karena kemungkinan teknik eksperimen yang ia pakai untuk fresko itu gagal. Namun, beberapa fresko yang sudah dibuat masih tersisa.

Sisa-sisa karya Leonardo itu hilang 50 tahun kemudian ketika Giorgio Vasari merenovasi ruangan di Sala dei Cinquecento yang berada di Palazzo Vecchio. Vasari diminta membuat fresko baru dengan tema “The Battle of Marciano” di tempat yang sama.

Beberapa peneliti menduga, Vasari tidak tega untuk menghancurkan seluruh karya Leonardo. Karena itu, ia membuat tembok baru dengan jarak beberapa centimeter dengan dinding lama sehingga tidak merusak karya Leonardo.

Melalui peralatan teknologi yang canggih peneliti menemukan jejak Da Vinci di sana. "Data ini sangat menggembirakan kami. Sebab, salah satu pigmen yang kami teliti menunjukkan bahwa itu adalah bahan yang sama yang dibuat Da Vinci untuk melukis Mona Lisa,” ujar  Maurizio Seracini, salah seorang seniman dan peneliti dalam proyek ini.(Dka/Reuters)

Sumber

Kata Mutiara Hari Ini
Bagian terbaik dari hidup seseorang adalah perbuatan-perbuatan baiknya dan kasihnya yang tidak diketahui orang lain. (William Wordsworth)
Share this article :

Posting Komentar

 
Design Template by Mas Kentir | Support by creating website | Powered by Blogger