News Update :
Home » , , » Hampir 59% Orang Cari Tahu Profil Teman Kencan lewat Facebook & Google

Hampir 59% Orang Cari Tahu Profil Teman Kencan lewat Facebook & Google

Penulis : Unknown on Sabtu, 31 Maret 2012 | 13.46

Mendapatkan teman kencan lewat dunia maya, kini semakin sering dilakukan baik pria maupun wanita. Demi keamanan, menurut survei terbaru, 59% orang pun akan mencari tahu profil teman kencan mereka melalui Facebook, Google dan LinkedIn.

Hal tersebut terungkap dari survei yang digelar oleh situs kencan online JDate. Dalam pollingnya, JDate mencoba mencari tahu bagaimana para anggota mereka mengumpulkan informasi soal calon teman kencan sebelum bertemu di dunia nyata.

Hampir 500 orang menjadi responden survei tersebut. Hasilnya, seperti sudah dipaparkan di atas, 59% orang mengombinasikan tiga situs pencarian Facebook, Google dan LinkedIn untuk mendapatkan informasi yang cukup soal calon teman kencan mereka.

Menurut para responden, investigasi tersebut bisa membuat mereka tahu apakah calon teman kencan memang berkata jujur atau tidak. Setidaknya Anda bisa lebih waspada kalau ternyata di profil Facebook atau LinkedIn-nya, ditemui kejanggalan-kejanggalan.

Dari survei JDate itu juga terungkap, 27% orang memilih hanya melakukan investigasi pada teman kencannya melalui profil Facebooknya. Sementara 13% responden menggunakan Google dan ternyata merasa hasilnya tidak memuaskan.

Mencari tahu siapa teman kencan Anda yang dikenal di dunia maya memang penting dilakukan. Namun jangan sampai Anda malah kehilangan kemisteriusan dari orang tersebut. Tentunya akan jadi tidak menarik lagi, ketika pertama kalinya bertemu, Anda sudah mengetahui banyak hal tentang profil teman kencan. Batasi pencarian hanya untuk mencari tahu, apakah memang dia bukan orang yang berbahaya atau bermaksud menipu, akankah Anda aman saat bertemu dengannya.

Dalam mencari teman kencan di dunia maya, memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Usahakan Anda menghindari lima kesalahan yang umumnya dilakukan orang saat kencan online, seperti dipaparkan RedBook:

1. Terlalu Personal

"Pembicaraan yang memuat terlalu banyak informasi tentang masa lalu bisa sangat membosankan," Liz H. Kelly, konsultan percintaan dan penulis SMART Man Hunting.

Kenapa? Karena hal tersebut bisa menciptakan tekanan dan menimbulkan kondisi yang tidak nyaman pada kedua belah pihak. Pilihlah pembicaraan yang pantas untuk diceritakan kepada pria yang baru Anda kenal. Janganlah bercerita tentang kisah pribadi sampai Anda sudah benar-benar percaya pada orang tersebut.

2. Menggunakan Simbol dan Singkatan Terlalu Sering

Untuk mengungkapkan ekspresi saat chatting sangat mudah menggunakan simbol. Namun, jangan terlalu sering menggunakannya saat kencan online! Menurut pelatih kencan Kathryn Lord, penggunaan simbol dan singkatan, seperti LOL, ROTF, dan OMG, dapat membuat pembacanya mengira Anda sedang tidak memiliki waktu untuk dirinya.

Cobalah untuk mengganti simbol tersebut dengan kata-kata yang dapat menggambarkan suasana hati Anda. Pasangan kencan Anda akan lebih merasa dihargai karena mendapat respon yang baik, tidak hanya simbol saja.

3. Terlalu Cepat Membalas

Mendapat e-mail balasan dari si dia memang sangat menyenangkan, tapi janganlah terburu-buru untuk langsung membalasnya! Menurut Alyssa Woodtke, penulis 'Truth, Lies, and Online Dating', membalas terlalu cepat akan memberikan kesan bahwa Anda memang sedang menunggu-nunggu balasan darinya.

Simpanlah balasan Anda dan kirimlah satu atau dua hari setelah balasan tersebut. Pastinya si dia akan penasaran menunggu balasan dari Anda.

4. Lelucon yang Salah

Sedikit humor sangat diperlukan untuk mencairkan suasana, tapi jangan sampai kata-kata yang Anda gunakan justru membuatnya tersinggung. Jangan sampai lelucon Anda diartikan sebagai celaan olehnya. Pikirkan kembali kata-kata Anda agar tidak terjadi kesalahpahaman.

"Kita lupa bahwa penerima tidak dapat mendengar suara kita, membaca bahasa tubuh kita, atau melihat senyum kita," ucap Bev Bacon, penulis Meet Me… Don’t Delete Me! Internet Dating: I’ve Made All the Mistakes So You Don’t Have To!

5. Menuliskan Profil Standar

Janganlah menulis profil pada akun Anda dengan informasi yang biasa saja. Hal tersebut tidak dapat menarik perhatian orang yang membacanya.

Sumber

Kata Mutiara Hari Ini
Jika Anda selalu melakukan yang terbaik, Anda tidak akan punya waktu untuk khawatir tentang kegagalan. - Kata Mutiara

Share this article :
 
Design Template by Mas Kentir | Support by creating website | Powered by Blogger