News Update :
Home » , , » Jaring Laba-laba Dipintal Jadi Senar Biola

Jaring Laba-laba Dipintal Jadi Senar Biola

Penulis : Unknown on Selasa, 06 Maret 2012 | 08.42





Seorang ilmuwan Jepang amat tertarik dengan kemampuan dari laba-laba sutra. Dirinya membuat jaring dari laba-laba tersebut menjadi senar biola.




Shigeyoshi Osaki dari Nara Medical University, Jepang, selama beberapa tahun ini sudah mengamati dan sangat tertarik terhadap sifat mekanik yang dimiliki laba-laba sutra. Secara khusus, ia meneliti jaring laba-laba sutra yang bergelantungan dan mengukur kekuatannya.




Dr. Osaki telah mendapatkan sejumlah besar jaring tersebut dari penangkaran laba-laba dan sekarang memfokuskan perhatiannya untuk membuat sebuah instrumen dari bahan yang luar biasa tersebut. Ternyata, jaring laba-laba sutra itu dapat dijadikannya sebagai bahan utama untuk membuat senar biola.




Dr. Osaki menggunakan 300 laba-laba Nephila Maculata berjenis perempuan, sebagai penyedia dari jaring-jaring menakjubkan itu. Laba-laba jenis ini merupakan salah satu spesies dari "penenun bola emas" yang terkenal karena bentuk jaring mereka yang rumit.




Untuk setiap senar, Dr Osaki memintal antara 3.000 sampai 5.000 helai jaring sutra. Dia kemudian mulai mengukur kekuatan senar tersebut dengan tarikan yang kuat.




Sebuah studi lebih lanjut dengan menggunakan mikroskop elektron menunjukkan bahwa, senar tersebut benar-benar berbentuk bulat. Itu adalah fitur dari senar dan yang terpenting adalah nada unik yang dihasilkan.




"Beberapa pemain biola profesional melaporkan bahwa senar yang dibuat dari laba-laba tersebut menghasilkan warna nada nada yang lebih baik dan mampu menciptakan musik baru," ujar Dr Osaki seperti yang dikutip BBC, Senin (5/3/2012).




Sumber
Share this article :

Posting Komentar

 
Design Template by Mas Kentir | Support by creating website | Powered by Blogger