News Update :
Home » » 10 Rezim Pelatih Sepakbola Terlama di Eropa

10 Rezim Pelatih Sepakbola Terlama di Eropa

Penulis : Unknown on Selasa, 01 Mei 2012 | 13.34

Tak hanya di dunia politik, di sepakbola juga ada rezim yang bisa lama berkuasa. Pelakunya adalah sang pelatih. Alex Ferguson bukanlah yang terlama. Masih ada orang lain yang bahkan jauh melampaui rekor Fergie!!




1. Fred Everiss
Dialah pelatih klub terlama, nyaris setengah abad! Everiss menangani West Bromwich Albion (WBA) selama 46 tahun dari 1902 hingga 1948. Sesungguhnya, secara administratif, jabatan Everiss pada masa itu adalah sebagai secretary-manager. Namun tugas kepelatihan menjadi salah satu tanggungjawabnya.

2. Guy Roux
Guy Roux adalah legenda Auxerre. Di era sepakbola modern, dialah pelatih terlama ketika menangani Auxerre selama 44 tahun (1961-2005). Eric Cantona, Djibril Cisse, Laurent Blanc, dan Philippe Mexes adalah pemain hasil didikannya. Sumbangsih besar Roux membuat pendukung Auxerre menganggapnya seperti dewa. Di tangannya, Auxerre meraih lima trophy juara domestik. Karir Roux sebagai pemain juga total dihabiskan bersama Auxerre (1952-1961).

3. Alex Ferguson
Semua orang mengenalnya. Fergie menjadi pelatih MU sudah 25 tahun, sejak Agustus 1986. Di usianya yang hampir menginjak 70, Fergie belum menunjukkan tanda-tanda akan keluar. Dia telah memenangkan lebih banyak trofi daripada pelatih manapun sepanjang sejarah sepak bola Inggris, dan gelar Sir di depan namanya telah menegaskan seberapa besar pengaruh pria Skotlandia ini untuk sepakbola Inggris.

4. Anatoliy Volobuyev
Selama 17 tahun sejak 1989 hingga 2006, Volobuyev menjadi pelatih FC Stal Alchevsk (klub Ukraina). Sempat menjadi wakil presiden federasi sepakbola Ukraina, Volobuev kembali melatih Stal Alchevsk sejak tahun 2009 lalu.

5. Volker Finke
Finke menangani SC Freiburg selama 16 tahun, dari 1991 sampai 2007. Ini adalah rekor masa kepelatihan terlama dalam sejarah persepakbolaan Jerman. Walaupun lama dipercaya menjadi pelatih Freiburg, prestasi Finke tidak terlalu mengesankan kecuali pernah lolos ke kualifikasi Piala UEFA 1995 dan 2001. Selebihnya, Freiburg lebih sering naik turun divisi.

6. Arsene Wenger
Sejak 1996 datang ke Arsenal, Wenger membawa perubahan besar. Hingga sekarang, sudah 15 tahun masa baktinya untuk the Gunners, Wenger menjadi satu-satunya penantang hegemoni Alex Ferguson yang masih bertahan di Liga Inggris. Pelatih yang menguasai 5 bahasa ini terkenal dalam hal memoles potensi muda berbakat menjadi pemain berbintang.
(Lihat juga: 10 Wonderkid yg Gagal di Arsenal)

7. Alan Curbishley
Di Inggris, Curbishley adalah 'Fergie'-nya klub kecil. Dia menjadi pelatih Charlton selama 15 tahun (1991-2006). Kesuksesan terbesarnya adalah membawa Charlton promosi ke Premierleague pada tahun 1995. Curbishley memiliki reputasi bagus dalam mengembangkan pemain-pemain yang dibeli murah di bursa transfer. Danny Mills, Lee Bowyer, Scott Parker, dan Darren Bent adalah hasil binaannya. Pada tahun 2006, Curbishley sempat menjadi calon kuat pelatih timnas Inggris, tapi akhirnya tidak terwujud.

8. Otto Rehhagel
Rehhagel lebih dikenal karena suksesnya mengantar Yunani menjadi juara Eropa 2004. Di level klub, Rehhagel sempat menghabiskan 14 tahun bersama Werder Bremen (1981-1995). Selama periode itu, Bremen diubahnya dari klub biasa menjadi salah satu tim besar Jerman. Bersama Rehhagel, Bremen menikmati sebuah trophy Piala Winner, tiga kali juara Bundesliga, dan tiga buah trophy Piala Jerman.

9. Patrick Maurer
Patrick Maurer adalah pelatih asal Luxemburg, yang hingga saat ini masih melatih FC Jeunesse. Ditunjuk sejak 1998, dia telah bertugas selama 13 tahun.

10. Sergey Oborin
Sergey Oborin menjadi pelatih klub Rusia, FC Amkar Perm, dari 1995 sampai 2006 (11 tahun). Amkar Prem merupakan klub yang baru didirikan tahun 1995. Dari divisi tiga Liga Rusia, Oborin sukses membawanya hingga promosi di kasta tertinggi liga Premier Rusia.

Tidak ada catatan pelatih di Liga Spanyol dan Liga Italia yang menangani sebuah klub lebih dari 10 tahun. Atau mungkin ada yang terlewatkan?

Sumber

Tahukah Kamu?

Merebus telur burung unta butuh waktu 40 menit.
Share this article :
 
Design Template by Mas Kentir | Support by creating website | Powered by Blogger