News Update :
Home » , , , » 10 Hewan Bertubuh Transparan

10 Hewan Bertubuh Transparan

Penulis : Unknown on Minggu, 20 Mei 2012 | 09.58

Apa jadinya kalau kita dapat melihat isi dalam/organ tubuh dari suatu hewan? Cobalah bayangkan kita dapat melihat makanan bergerak melewati ususnya, atau kita dapat mengamati proses pernapasannya,  atau susunan seluruh kerangka tubuhnya. Pasti menarik, kan?

1) Katak Transparan
Katak Kaca/Glass Frog adalah hewan asli Venezuela yang termasuk ke dalam famili amfibi Centrolenidae (ordo Anura). Warna umum katak ini adalah hijau lemon. Namun kulit yang berhubungan dengan perut tampak transparan, sehingga organ-organ dalam seperti jantung, hati, dan organ pencernaannya terlihat jelas.
2) Kupu-Kupu Transparan
The Glasswing Butterfly adalah seekor kupu-kupu berkaki sikat yang sayapnya transparan. Jaringan antara urat darah halus dengan sayap-sayapnya tampak seperti kaca. Jenis kupu-kupu ini ditemukan di wilayah Amerika Tengah, membentang antara Meksiko hingga Panama.
3) Kepala Ikan Transparan
Barreleye fish (Macropina microstoma) adalah ikan air laut dalam yang memiliki kepala yang transparan dan mata yang bergolak.  Ikan ini memiliki mata yang sangat sensitif terhadap cahaya (tertutup oleh lensa berwarna hijau cerah) dan pelindung berisi cairan di bagian kepalanya. Matanya menunjuk ke arah atas ketika ikan tersebut sedang mencari makan. Kedua bintik di atas mulut ikan itu bukanlah matanya. Itu adalah alat penciuman yang disebut nares.
4) Cumi-cumi Transparan
Ditemukan di belahan bumi selatan, The Glass Squid (Teuthowenia pellucida) adalah cumi-cumi yang memiliki organ-organ yang terang pada bagian mata dan memiliki kemampuan untuk menggulung seperti bola. Hewan ini menjadi mangsa ikan-ikan laut dalam, paus, dan burung-burung laut.
5) Ikan Zebra Transparan
Ikan zebra ini detemukan pada tahun 2008 oleh para ilmuwan. Ika transparan ini memungkinkan para ilmuwan di Children’s Hospital Boston untuk melihat secara langsung organ-organ dalam ikan tersebut dan melakukan proses pengamatan penyakit (seperti tumor dan kanker) secara real-time.
6) Ikan Es Transparan
The Crocodile Icefish (Channichtthydae) detemukan di wilayah perairan dingin di Antartika dan wilayah Amerika bagian selatan. Ikan ini memangsa krill, copepod, dan ikan-ikan lain. Darah mereka juga transparan karena mereka tidak memiliki hemoglobin. Dalam 5 spesies, pigmen mioglobin dalam otot-ototnya juga lenyap sehingga ada daerah berwarna putih pada jantung yang merah muda.
7) Hewan Amfibi Transparan
Disebut juga Phronima, hewan tak lazim ini merupakan salah satu spesies unik yang ditemukan dalam sebuah ekspedisi di jajaran pegunungan laut di Atlantik Utara. Makhluk ini berkamuflase dengan cara membuat tubuhnya tampak transparan (meski organnya tetap terlihat).
8) Udang Larval Transparan
Udang ini ditemukan di beberapa wilayah perairan di sekitar Hawaii. Di gambar ini udang tersebut sedang berada di atas ubur-ubur yang sama transparannya.
9) Salp Transparan
Fauna-fauna yang disebut salps ini hidup dengan memakan fitoplankton, dengan panjang tubuh antara 1-10 cm.
10) Ubur-ubur Transparan
Hampir semua anggota filum Coelenterata (Cnidaria) ini memiliki tubuh yang bening. Bahkan, beberapa ubur-ubur hampir tak mungkin terlihat. Gambar berikut adalah ubur-ubur dari genus Arctapoderma, dengan ukuran panjang satu inci.




Sumber

Tahukah Kamu?

Permen karet tidak dijual di Disney Land










Share this article :
 
Design Template by Mas Kentir | Support by creating website | Powered by Blogger