News Update :
Home » , , , » Ini Dia 5 Hal yang Bisa Bikin Orang Mimpi Buruk

Ini Dia 5 Hal yang Bisa Bikin Orang Mimpi Buruk

Penulis : Unknown on Rabu, 04 Juli 2012 | 07.40

Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi ini bisa mengganggu kualitas tidur dan membuat tidak nyenyak. Ini dia 5 hal yang bisa bikin orang mengalami mimpi buruk.

Pada orang dewasa faktor gaya hidup bisa menyebabkan orang mengalami mimpi buruk dan rasa takut yang muncul bisa terus bertahan sehingga membuatnya sulit untuk tertidur lagi.

Para ahli menyarankan jika mimpi buruk yang terjadi terus menerus dan mengancam sebaiknya segera mencari bantuan medis. Berikut ini 5 hal yang bisa memicu mimpi buruk, seperti dikutip dari Livestrong, Selasa (3/7/2012) yaitu:

1. Kegelisahan dan cemas

Kecemasan, gelisah, stres atau ketegangan dalam keluarga merupakan penyebab paling umum orang mengalami mimpi buruk seperti laporan yang dipublikasikan dalam Postgraduate Medical Journal, sedangkan pada anak-anak biasanya akibat cemas atau takut tidur sendiri bisa memicu mimpi buruk.

2. Kurang tidur

Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Psychiatry menunjukkan orang yang terus menerus kurang tidur bisa memicu mimpi buruk, halusinasi pra tidur yang mengerikan hingga masalah tidur lainnya. Untuk itu pastikan memiliki jam tidur yang teratur agar terhindar dari mimpi buruk dan tubuh sehat.

3. Demam

Meski mekanismenya tidak diketahui tapi saat orang sedang sakit dan demam bisa menyebabkan mimpi buruk. Sebelumnya sudah diketahui demam dapat mempengaruhi kualitas tidur serta mengubah siklus bangun-tidur yang secara tidak langsung berkontribusi menyebabkan mimpi buruk. Karena itu pastikan orang yang sakit terpenuhi kebutuhannya dan emosionalnya merasa nyaman.

4. Tidur di tempat asing

Review dari Mayoclinic menemukan beberapa orang mengalami sulit tidur dan mimpi buruk ketika harus tidur di tempat yang bukan biasa atau asing, misalnya saat menginap di rumah teman, di kamar hotel yang asing, jetlag dan kelelahan emosional akibat perjalanan panjang.

5. Ketidakstabilan mental

Journal of Clinical Psychiatry menemukan orang dewasa yang mengalami mimpi buruk lebih mungkin memiliki riwayat masalah mental atau psikopatologi. Jika mimpi buruk jarang terjadi sebaiknya mulailah memperhatikan kesehatan fisik dan juga emosional.

Sumber : http://health.detik.com/read/2012/07/03/185942/1956975/763/ini-dia-5-hal-yang-bisa-bikin-orang-mimpi-buruk?l1101755hl

Tahukah Kamu?
Liburan selama sebelas hari berarti kita punya waktu hampir sejuta detik untuk menikmatinya
 itulah berita untuk 'Liburan selama sebelas hari berarti kita punya waktu hampir sejuta detik untuk menikmatinya', semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi buat kamu.
Share this article :
 
Design Template by Mas Kentir | Support by creating website | Powered by Blogger