News Update :
Home » , , » 8 Hal Inilah yang Selalu Bikin Kita Jadi Seorang Pecandu dan Kecanduan

8 Hal Inilah yang Selalu Bikin Kita Jadi Seorang Pecandu dan Kecanduan

Penulis : Andi Aryatno on Sabtu, 28 Juli 2012 | 15.21

Setiap orang memiliki kegiatan favorit tertentu. Saking sukanya, kadang kegiatan tersebut bisa bikin orang jadi kecanduan. Setidaknya ada 8 hal aneh yang bisa bikin orang kecanduan.

Rokok dan obat terlarang paling banyak membuat orang kecanduan karena mengandung zat tertentu yang memang membuat orang tak mudah melepaskannya. Selain hal itu, ternyata ada juga hal-hal aneh yang membuat orang kecanduan.

Berikut 8 hal aneh yang bisa bikin orang kecanduan :

1. Jatuh cinta
Penelitian mengungkapkan bahwa jatuh cinta sangat mungkin membuat orang jadi kecanduan. Perasaan euforia dan berdebar-debar ternyata membuat orang jadi ingin terus merasakannya, hingga pada akhirnya menjadi kecanduan.

Menurut psikolog Arthur Aron, yang memimpin studi kecanduan cinta, jatuh cinta mengaktifkan sistem yang sama di otak seperti kecanduan obat, yang membuat Anda mendambakan ingin merasakannya kembali segera setelah gejolak pertama cinta mulai memudar.

2. Internet
Anda mungkin berpikir bahwa browsing internet tidak lebih dari cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Namun para peneliti di China mengungkapkan bahwa kecanduan internet benar-benar mengubah otak dalam cara yang mirip dengan kecanduan narkoba dan alkohol.

Diperkirakan bahwa penderita Internet Addiction Disorder (IAD) bisa menghadapi gejala yang sama dengan penderita kecanduan lainnya, termasuk gejala penarikan atau efek balikan.

3. Gula
Studi menunjukkan bahwa ketika orang makan makanan ringan bergula, bahan kimia yang disebut opiod dilepaskan di otak menyebabkan perasaan senang yang intens, sehingga tak sedikit orang sering mendambakan adanya gula.

Bahkan, menurut penelitian tim University of California, gula dapat merusak dan menyebabkan adiktif seperti halnya alkohol dan rokok.

4. Tato dan piercing
Meski proses tato dan piercing terasa sangat menyakitkan, tetapi banyak orang yang telah mendapatkan satu tato atau piercing akan merasa terdorong untuk mendapatkan lebih, yang dapat terasa seperti kecanduan.

5. Pekerjaan
Kebanyakan orang akan senang menghadapi akhir pekan karena bisa terbebas dari tugas dan pekerjaan. Namun bagi orang yang kecanduan kerja, akhir pekan mungkin tidak terasa menyenangkan karena ia harus jauh dari hal yang sangat diidamkannya.

Sementara banyak yang menggunakan kata 'workaholic' sebagai guyonan, penelitian ternyata menunjukkan bahwa kondisi ini nyata dan dapat membahayakan kesehatan dan hubungan asmara penderitanya.

6. Video game
Di seluruh dunia, remaja bersembunyi di kamar, di depan layar televisi atau komputer tergesa-gesa bermain video game. Namun penelitian menunjukkan ini mungkin lebih berbahaya seperti kelihatannya.

Sebuah laporan tahun 2006 mengungkapkan bahwa 12 persen online gamer yang disurvei melaporkan beberapa perilaku adiktif, sementara banyak negara di seluruh dunia telah mendirikan pusat-pusat pengobatan untuk menangani kecanduan video game yang mulai banyak berkembang.


7. Belanja
Kebanyakan orang akan membeli sesuatu saat membutuhkan atau memberi hadiah untuk orang yang dikasihinya. Namun bagi orang yang kecanduan, berbelanja adalah kegiatan untuk memuaskan hasratnya.

Kecanduan belanja (omniomania) diduga disebabkan oleh aliran endorfin dan dopamin yang menyebabkan pembelanja mengalami perasaan bahagia yang besar tapi sementara, sehingga ia ingin mengulangnya lagi dan lagi.

8. Musik
Setiap orang memiliki lagu favorit masing-masing, yang sering didengar berulang-ulang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh McGill University, musik juga bisa membuat orang kecanduan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika orang mendengarkan musik ia akan mengalami perasaan bahagia yang besar dan tubuh melepaskan dopamin, yaitu suatu neurotransmitter yang juga dilepaskan ketika orang menggunakan narkoba atau makan makanan yang menyenangkan.

Sumber

Tahukah Kamu?
Sebelum Masehi bahasa inggrisnya adalah B.C (Before Christ). Setelah Masehi adalah A.D (Anno Domini)
Itulah berita untuk '8 Hal Inilah yang Selalu Bikin Kita Jadi Seorang Pecandu dan Kecanduan', semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi buat kamu.








Share this article :
 
Design Template by Mas Kentir | Support by creating website | Powered by Blogger